Follow Us

Sebelum Rumahnya Digusur Satpol PP, Wanda Hamidah Ternyata Sudah Terima 3x SP: Kami Kirim Jawaban

Dwi Purworahayu - Minggu, 16 Oktober 2022 | 05:30
Rumah Wanda Hamidah dieksekusi Satpol PP.
Kolase Instagram @wanda_hamidah.

Rumah Wanda Hamidah dieksekusi Satpol PP.

GridHype.ID - Artis Wanda Hamidah mengungkap rasa kecewanya terhadap pihak Pemerintah Kota Jakarta Pusat, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Pasalnya, belum lama ini rumah Wanda Hamidah dikosongkan secara paksa oleh Satpol PP atas perintah Pemkot Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022).

Usut punya usut, penggusuran rumah keluarga Wanda Hamidah ini berkaitan dengan Surat Izin Penghunian (SIP) yang telah habis sejak tahun 2012.

Namun jika pihak berwenang ingin mengeksekusi rumah tersebut, menurut Wanda Hamidah, seperti dikutip dari Tribunnews.com, seharusnya tidak dilakukan oleh pemkot.

"Biasanya yang mengeksekusi itu adalah Pengadilan, melalui bagian jurisita setelah melalui persidangan sengketa," kata Wanda Hamidah ditemui di kediaman keluarganya, di Jalan Ciasem, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022).

"Saya bingung kok bisa ini wali kota yang melakukan eksekusi tanpa menunjukan Surat Keputusan (SK)," sambungnya.

Wanda merasa pihak wali kota menggunakan kekuasaannya untuk menginjak-nginjak masyarakat kecil yang tak tahu masalah hukum.

"Ini seakan abuse power banget. Karena yang saya tahu yang bisa eksekusi itu ya pihak Pengadilan," ucapnya.

Wanda menyadari sebelum eksekusi, pihak Walikota Jakarta Pusat sudah mengeluarkan Surat Peringatan (SP) sebanyak tiga kali sebelum melakukan eksekusi pengosongan rumah secara paksa.

"Cuma kami terus memberikan jawaban dari SP yang mereka kirimkan. Tapi apa? Tidak didengar. SP 1 kami berikan jawaban, SP 2 dikirim, kami kirim jawaban. SP3 dikirim juga kami berikan jawaban," jelasnya.

Wanda bersyukur aduannya direspon oleh anggota DPRD DKI Jakarta yang langsung mendatangi rumah keluarganya, dan menghentikan eksekusi paksa pengosongan rumah.

Baca Juga: Rumahnya Dikosongkan Paksa oleh Satpol PP, Wanda Hamidah yang Tak Terima Siap Ambil Jalur Hukum: Ini Bentuk Abuse Power!

Source : Kompas.com, Tribunnews.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest