Follow Us

Aneka Tips Kesehatan, WASPADA Kemenkes Sudah Konfirmasi Kasus Pertama di Indonesia, Ketahui Cara Cegah Penularan Cacar Monyet agar Tidak Terpapar

Dwi Purworahayu - Senin, 22 Agustus 2022 | 13:15
Sudah ada di Indonesia, ternyata nini gejala cacar monyet dan cara pencegahannya.
Pixabay.com

Sudah ada di Indonesia, ternyata nini gejala cacar monyet dan cara pencegahannya.

GridHype.ID - Aneka tips kesehatan, begini cara cegah penularan cacar monyet.

Ya, dengan aneka tips kesehatan ini, Anda jadi lebih waspada terhadap virus cacar monyet yang baru-baru ini dikonfirmasi masuk ke Indonesia.

Kunci dari aneka tips kesehatan untuk mencegah penularan cacar monyet ini yaitu mengubah kebiasaan jadi lebih sadar akan kebersihan.

Seperti diketahui, virus cacar monyet merupakan virus zoonosis yang bisa disalurkan oleh hewan ke manusia dan dari manusia ke manusia.

Sementara melansir Kompas.TV, hingga kini virus cacar monyet telah terdeteksi di lebih dari 70 negara.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menjadikan virus yang pertama kali dideteksi di Republik Demokratik Kongo ini sebagai darurat kesehatan global pada Juli 2022 lalu.

Di Indonesia sendiri, kasus pertama virus cacar monyet atau monkeypox juga telah dikonfirmasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI.

Kemenkes mengumumkan kasus pertama cacar monyet di Indonesia itu pada Sabtu (20/8/2022).

Juru bicara Kemenkes Muhammad Syahril mengatakan, pasien tersebut sebelumnya bepergian ke luar negeri dan mengalami serangkaian gejala cacar monyet.

Gejala yang dialami pasien pertama cacar monyet meliputi demam, pembesaran kelenjar getah bening, dan ruam-ruam di beberapa bagian tubuh.

"Gejala di tanggal 14 (Agustus) ada demam, kemudian ada pembesaran kelenjar limfe, tapi keadaannya baik, artinya tidak sakit berat."

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Ucapkan Selamat Tinggal Pada Gel Pelembab, Mulai Sekarang Mending Pakai Bahan Ini agar Tangan Halus dan Bebas dari Keriput

Source : Kompas.com, Kompas.tv

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest