Follow Us

Berkaca dari Ruben Onsu, WASPADA Gejala Sepele Bisa Jadi Tanda Tubuh Idap Empty Sella Syndrome, Kapan Harus Datangi Dokter?

Dwi Purworahayu - Sabtu, 23 Juli 2022 | 14:00
Ruben Onsu didiagnosis mengidap Penyakit Empty Sella Syndrome
kolase Intisari

Ruben Onsu didiagnosis mengidap Penyakit Empty Sella Syndrome

GridHype.ID - Kondisi kesehatan Ruben Onsu yang belakangan ini sempat menurun memang menyita perhatian banyak pihak.

Seperti diketahui, Ruben Onsu beberapa kali dikabarkan masuk rumah sakit untuk mendapatkan perawatan akibat penyakit yang dideritanya.

Bahkan, beredar kabar jika Ruben Onsu harus menjalani pengobatan di Singapura agar kondisinya bisa kembali pulih seperti sedia kala.

Sayangnya, Ruben Onsu sempat bungkam saat ditanya soal penyakit yang menggerogoti tubuhnya itu.

Hingga akhirnya, seperti dikutip dari Tribun Medan, suami Sarwendah itu menceritakan kondisinya di depan Raffi Ahmad dan Irfan Hakim.

“Jadi kemaren itu aku udah MRI jadi ada bercak-bercak putih di bagian otak A', dan yang kedua juga ada Empty Sella Syndrome,” ungkap Ruben Onsu dalam acara For Your Pagi (FYP), Senin (18/7/2022).

Melansir Kompas.com, Empty Sella Syndrome sendiri adalah suatu kondisi di mana terjadi penyusutan dari kelenjar pituitary atau hipofisis.

Ada beberapa gejala yang harus dicurigai sebagai pertanda penyakit yang satu ini.

Dokter Spesialis Saraf di Rumah Sakit Otak Nasional di Jakarta Timur, dr Viola Maharani Sp.S mengatakan secara normal, kelenjar pituitary atau hipofisis ini ada pada bagian depan dari dasar tengkorak.

Baca Juga: Ruben Onsu Akhirnya Beberkan Penyakit yang Membuatnya Tergolek Lemah di Ranjang Rumah Sakit, Raffi Ahmad yang Mendengar Penyakit Sahabatnya Hanya Bisa Menatap Pilu

Kelenjar ini berukuran sebesar kacang polong yang terletak di bagian bawah otak.

Kelenjar pituitary atau hipofisis ini berfungsi untuk menghasilkan banyak hormon penting bagi metabolisme tubuh kita.

Source : Kompas.com, Tribun-Medan.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest