Follow Us

Puasa Arafah Jadi Amalan Sunnah Jelang Idul Adha 2022, tapi Bagaimana Jika Masih Ada Utang Puasa Ramadan? Ini Penjelasan Ulama

None, Dwi Purworahayu - Jumat, 17 Juni 2022 | 07:00
Ilustrasi puasa
Kompas.com

Ilustrasi puasa

GridHype.ID - Banyak amalan sunnah yang bisa dilakukan umat Muslim jelang Hari Raya Idul Adha 2022.

Ya, salah satunya adalah melaksanakan Puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah atau bertepatan dengan 8 Juli 2022.

Namun, bagaimana jika hendak melakukan Puasa Arafah tapi masih ada utang Puasa Ramadan yang harus dibayar?

Mana yang harus didahulukan, Puasa Arafah atau Puasa Qadha Ramadan?

Melansir Tribun Jakarta, Ustaz Adi Hidayat mengatakan, ada baiknya mengutamakan yang wajib lebih dulu.

"Sebab Qadha itu sifatnya wajib ditunaikan, hanya kewajibannya luas terbentang, terbentang dari paska Ramadan sampai masuk lagi akhir Syaban menjelang ke Ramadan yang kalau ada di tengah tengahnya hari tertentu gak boleh puasa, di situ saja gak boleh puasa, seperti Idul Adha, kemudian yang lainnya terbentang sampai masuk akhir Syaban," papar Ustaz Adi Hidayat.

Namun demikian, Ustaz Adi Hidayat tak menampik jika ada ulama yang berpendapat bahwa tidak ada salahnya jika ingin Puasa Arafah walau masih memiliki utang puasa.

"Ada yang berpendapat karena luas terbentang ya gak apa apa, kalau mau menunaikan puasa sunah yang jatuh waktunya hari tertentu saja seperti Puasa Arafah ya niatnya Puasa Arafah dulu saja kan nanti hari selanjutnya masih ada hari panjang untuk menggantinya, ada yang berpendapat demikian di kalangan ulama," jelas Ustaz Adu Hidayat.

Secara pribadi, Ustaz Adi Hidayat lebih cenderung mengutamakan yang wajib lebih dulu.

Baca Juga: Lengkap dalam 2 Versi, Inilah Bacaan Doa Iftitah yang Bisa Kamu Hafalkan, Dilengkapi Juga dengan Bacaan Dzikir Setelah Shalat

"Kita melihat ada bentangan kesempatan puasa, betul, tapi kan kematian gak bisa ditentukan kalau kita niatkan yang wajib tapi punya keinginan kuat untuk kerjakan Arafah dan tak mampu mengerjakan karena alasan tertentu yang dibenarkan secara syar'i, itu bisa berpeluang mendapatkan pahala juga dari Puasa Arafah walaupun niat kita untuk yang syiam Ramadannya sebagai Qadha," terangnya.

Lalu apa dalilnya?

Source : TribunJakarta.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest