Follow Us

Enggak Lagi Tertipu! Cara Mudah Mengecek Uang Palsu Lewat Aplikasi I-Comreds

Ruhil Yumna - Minggu, 22 Mei 2022 | 16:45
Ilustrasi uang palsu. Saat tahu uang Rp 100 ribu yang didapatnya palsu, nenek penjual ubi langsung lemas.
Istimewa

Ilustrasi uang palsu. Saat tahu uang Rp 100 ribu yang didapatnya palsu, nenek penjual ubi langsung lemas.

GridHype.ID - Demi menanggulangi pedereana uang palsu, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengeluarkan aplikasi pendeteksi uang palsu yang bernama I-Comreds.

Aplikasi ini diluncurkan oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Peluncuran aplikasi ini sendiri merupakan tindak lanjut pelaporan masyarakat terkait peredaran uang rupiah palsu.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirttipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan mengatakan, masalah dalam pengungkapan peredaran uang palsu adalah rendahnya partisipasi pengaduan masyarakat.

Hal tersebut dikarenakan sebagian besar warga yang mengetahui atau menjadi korban uang palsu tidak melaporkannya ke polisi.

"Aplikasi I-Comreds merupakan jawaban dari keinginan masyarakat untuk berperan serta dalam pemberantasan peredaran uang palsu khususnya rupiah," kata Whisnu, dikutip dari laman humas polri, Kamis (19/5/2022).

Whisnu mengungkapkan, dalam kurun waktu Januari hingga April 2022, sudah ada 495.184 lembar uang palsu pecahan Rp 100.000 yang berhasil diamankan polisi.

Barang bukti tersebut diamankan dari jaringan peredaran uang palsu Jawa Timur dengan jumlah tersangka sebanyak tujuh orang.

Dapat diunduh di PlayStore

Kasubdit IV/MUSP Dittipideksus Bareskrim Polri Kombes Andri menuturkan, saat ini, aplikasi I-Comreds masih diprioritaskan untuk sebagian wilayah di Indonesia.

Wilayah tersebut, yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Source : GridFame.ID, indonesia.co.id

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest