Follow Us

Vaksin Kanker Serviks Bikin Heboh Banyak Pihak, Berikut Para Penerima yang Diprioritaskan

Ruhil Yumna - Minggu, 24 April 2022 | 15:45
 Vaksin HPV (Human Papilloma Virus) untuk mencegah kanker serviks. Ini akan menjadi bagian dari vaksin wajib yang disiapkan Menkes Budi Gunadi.

Vaksin HPV (Human Papilloma Virus) untuk mencegah kanker serviks. Ini akan menjadi bagian dari vaksin wajib yang disiapkan Menkes Budi Gunadi.

GridHype.ID - beberapa waktu lalu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan pernyataannya soal pemberian vaksin kanker serviks akan menjadi vaksin wajib untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Meski kini baru mulai menjadi perbincangan, vaksinasi kanker serviks/HPV sendiri sebelumnya sudah dimulai sejak 2021 dan telah dilaksanakan di beberapa daerah.

Di tahun 2023 mendatanglah vaksin ini akan diberlakukan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Bahkan dirinya menyatakan bahwa vaksin kanker serviks akan menjadi salah satu vaksin wajib di Indonesia dan akan diberikan gratis untuk kelompok sasaran vaksinasi nasional.

“Semua program pemerintah tidak usah bayar jadi (vaksin ini gratis),” ujarnya dalam keterangan yang diberikan.

Lebih lanjut, pemberian vaksin kanker serviks sebagai tindak lanjut preventif yang dilakukan pemerintah dengan mengingat di dunia, kanker jadi permasalahan utama dengan biaya pengobatan yang cukup mahal dan susah penyembuhannya dibandingkan penyakit yang lain.

Demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dilakukan vaksinasi yang diharapakan dapat menekan pengobatan kanker dengan seseorang yang terinfeksi penyakit ini.

“Vaksin itu bukan mencegah, bukan mengobati orang sakit.

Kan kita nanti akan lebih banyak (vaksin) bukan HPV saja kan dan beberapa vaksin lainnya,” ujarnya.

Baca Juga: Perlu Dicatat, Inilah 7 Amalan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Malam Lailatul Qadar, Mulai dari Perbanyak Dzikir sampai Menyucikan Diri

Meskipun begitu ada target sasaran tertentu yang diprioritaskan untuk menerima vaksin kanker serviks lebih dulu.

Source : Grid Fame

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest