Follow Us

Dianjurkan Dibaca pada 15 Hari Terakhir Ramadan, Inilah Doa Qunut Salat Witir

None, Puspita Rahayu - Jumat, 22 April 2022 | 15:30
ilustrasi berdoa.

ilustrasi berdoa.

Gridhype.id- Hari ke-15 Ramadan telah jatuh pada Minggu (17/4/2022) yang lalu.

Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan pada 15 hari terakhir Ramadan.

Salah satu dari amalan tersebut adalah membaca doa Qunut pada rakaat terakhir salat witir setelah tarawih.

Adapun doa ini dibaca setelah ruku atau pada saat I’tidal sebelum melakukan sujud.

Imam an-Nawawi dalam al-Adzkar mengonfirmasi bahwa ulama kalangan madzhab Syafi’i menganjurkan pembacaan doa Qunut saat witir dilakukan di separuh terakhir bulan Ramadan.

Dilansir dari kompas.tv, sebuah riwayat dari Abu Dawud bahwa Umar bin Khatab mengumpulkan umat muslim untuk mengerjakan salat yang bermakmum kepada Ubai bin Ka'ab.

Ubai mengerjakan salat bersama mereka selama dua puluh malam tanpa membaca doa Qunut, kecuali pada separuh terakhir bulan Ramadan.

Berikut adalah bacaan Doa Qunut saat Salat Witir:

Allahummahdinâ fî man hadait. Wa ‘âfinâ fî man ‘âfait. Wa tawallanâ fî man tawallait. Wa bâriklanâ fî mâ a‘thait. Wa qinâ syarra mâ qadhait. Fa innaka taqdhî wa lâ yuqdhâ ‘alaik. Wa innahû lâ yazillu man wâlait. Wa lâ ya‘izzu man ‘âdait.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah petunjuk kepada kami sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesehatan kepada kami sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesehatan. Dan peliharalah kami sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkahan kepada kami pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan. Dan selamatkan kami dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan."

Baca Juga: Jadi Salah Satu Kebiasaan Rasulullah SAW, Berikut Efek Konsumsi Kurma bagi Kesehatan Tubuh Beserta Doa Berbuka Puasa

"Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan terkena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan."

Source : Kompas.tv

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest