Follow Us

Jangan Sampai Disuruh Putar Balik, ini Tol yang Akan Menerapkan Ganjil Genap dan One WaySelama Mudik Lebaran 2022

Ngesti Sekar Dewi - Kamis, 14 April 2022 | 11:00
Aturan ganjil genap di kota bogor.
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho

Aturan ganjil genap di kota bogor.

GridHype.ID- Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022 dan persiapan mudik lebaran, Korlantas Polri mengumumkan rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan selama mudik.

Selama arus mudik lebaran 2022, Korlantas Polri bakal menerapkan dua skema secara bersamaan, yakni one way dan ganjil genap.

Rekayasa lalu lintas ini akan mulai diterapkan dari Tol Jakarta-Cikampek hingga gerbang Tol Kalikangkung.

Kondisi ini diterapkan guna mencegah kepadatan volume kendaraan selama arus mudik berlangsung.

Hal ini lantaran kapasitas normal jalan tak akan mampu menerIma tambahan bebasn dari prediksi 47 persen pemudik yang aman melintas, atau sekitar 200.000 kendaraan secara bersamaan.

Untuk itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengimbau, masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik melakukan persiapan dan memantau informasi-informasi terkini soal rekayasa lalu lintas.

"One way akan kita lengkapi dengan ganjil genap, ini harus kami lakukan jadi sebelum berangkat harap disiapkan kendaraan yang akan digunakan berpelat nomor apa dan kapan bisa digunakan," ujar Firman saat konferensi pers penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) terkait Pengaturan Lalu Lintas selama Angkutan Lebaran Tahun 2022, Rabu (13/4/2022).

"Sekali lagi kami tidak membatasi, tapi ini dilakukan bergantian secara prioritas demi kelancaran, ketertiban, keselamatan, serta kesehatan. Besar harapan kami agar masyarakat mengikuti arahan petugas di lapangan," lanjutnya.

Tak hanya itu, ketika penerapan sistem satu arah, otomatis lalu lintas dari timur atau Tol Trans-Jawa dan dari Bandung yang menuju Jakarta juga tak bisa melintas.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan, Jalan Lingkar Brebes-Tegal Diresmikan Jokowi, Bakal Kurangi Beban Lalin hingga 48 Persen

Firman mengatakan, pengguna tol yang mengarah ke Jakarta saat one way arus mudik bakal dialihkan melalui jalan biasa atau arteri.

Petugas akan disiagakan untuk melakukan pengawasan di pintu-pintu tol yang terletak sepanjang penerapanan sistem satu arah.

Source : Kompas.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest