Follow Us

Tak Banyak yang Tahu, Siapa Sangka Menstruasi di Usia Terlalu Muda Bisa Berisiko Tinggi Terkena Kanker Payudara, Begini Penjelasannya

Helna Estalansa - Minggu, 27 Februari 2022 | 20:15
Menstruasi di Usia Terlalu Muda Berisiko Tinggi Kanker Payudara
Freepik

Menstruasi di Usia Terlalu Muda Berisiko Tinggi Kanker Payudara

GridHype.ID - Tak banyak yang tahu kalau menstruasi di usia terlalu muda tenyata bisa berisiko tinggi kanker payudara loh.

Benarkah demikian? Mari kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Seperti diketahui, setiap wanita mengalami mestruasi setiap bulannya.

Melansir dari Kompas.com, haid atau menstruasi menjadi salah satu fase tumbuh kembang yang akan dialami oleh seorang wanita.

Usia wanita pertama kali mendapatkan menstruasi adalah sekitar 10-17 tahun.

Fase menstruasi juga menandakan perkembang reproduksi seorang wanita berjalan dengan baik.

Akan tetapi, tahukah kamu ternyata semakin muda seorang wanita mendapati haid pertama akan semakin meningkatkan risiko terkena kanker payudara?

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam Hematologi Onkologi Medik RS Kanker Dharmais, Dr Ronald Alexander Hukom SpPD KHOM MHSC FINASIM.

Ronald menjelaskan, salah satu faktor penyebab risiko tinggi kanker payudara adalah hormonal wanita, berupa estrogen dan progesteron.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh karena Bisa Menyerang Siapa Saja, Begini Cara Cek Gejala Kanker Payudara

"Kanker payudara merupakan salah satu kanker yang erat hubungannya dengan hormon wanita," kata Ronald dalam diskusi daring bertajuk Memahami Lebih Dalam Subtipe Kanker Payudara Metastasi Tertinggi di Dunia: HR-positif, HER2-negatif, Senin (31/9/2020).

Menstruasi di usia lebih muda akan membuat seorang wanita semakin lama memproduksi hormon wanita dalam tubuhnya, dan hal inilah yang meningkatkan risiko kanker payudara.

Source : Kompas.com

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest