Follow Us

Jadi Posisi Pertama sebagai Penyebab Kematian Tertinggi di Dunia dan Indonesia, Yuk Mulai Sekarang Kenali Gejala dan Pengobatan Kanker Payudara sebelum Terlambat

Helna Estalansa - Jumat, 04 Februari 2022 | 13:00
Kanker payudara
pexels.com

Kanker payudara

GridHype.ID - Kanker payudara adalah penyakit kronis yang wajib kamu waspadai.

Meski umumnya diderita oleh wanita, para pria juga tetap harus waspada dengan kanker payudara.

Pasalnya, kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita di dunia.

Oleh sebab itu, penyakit kanker payudara menjadi momok mengerikan bagi banyak orang.

Bahkan, kanker ini juga menduduki posisi pertama sebagai penyebab kematian akibat kanker pada perempuan di dunia dan Indonesia.

Menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pada 2019, angka kejadian kanker payudara pada perempuan di Indonesia mencapai 42,1 orang per 100.000 penduduk.

Dokter Spesialis Bedah Konsultan Onkologi Mayapada Hospital Iskandar, SpB (K) Onk mengatakan bahwa kanker payudara tidak hanya menyerang perempuan, tetapi juga bisa menyerang laki-laki dengan peluang kejadian sekitar 1 persen.

Mengenai banyaknya pasien yang menderita kanker payudara, dr Iskandar mengatakan bahwa lebih dari 80 persen kasus kanker payudara di Indonesia ditemukan pada stadium lanjut.

“Hal itu membuat upaya pengobatan sulit dilakukan karena kanker sudah terlanjur kronis,” kata dr Iskandar dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (30/9/2021).

Baca Juga: Benjolan di Ketiak Bisa Jadi Salah Satu Gejalanya, Yuk Sebelum Terlambat Cegah Kanker Payudara dengan Cara Ini

Pada tahap awal kanker payudara, kata dr Iskandar, biasanya pasien tidak merasakan sakit.

Bahkan, pasien bisa tidak merasakan tanda-tandanya sama sekali.

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest