Follow Us

Bisa Jadi Lumbung Pahala Seorang Muslim, Simak Keutamaan dan Amalan Sunnah yang Dianjurkan untuk Dikerjakan di Bulan Rajab

None - Jumat, 04 Februari 2022 | 06:15
Besok Sabtu! Ini Niat Puasa Rajab 1442 H, Lengkap Lafal Latin & Arti
IST

Besok Sabtu! Ini Niat Puasa Rajab 1442 H, Lengkap Lafal Latin & Arti

GridHype.ID - Tepat pada hari Kamis, 3 Februari 2022 memasuki bulan Rajab.

Di bulan Rajab ini, banyak sekali amalan yang bisa seorang musim lakukan.

Melansir dari Nu.or.id, Dikutip dari nu.or.id, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyatakan bahwa keputusan tersebut dibuat didasarkan pada laporan tim rukyat yang tidak melihat hilal di seluruh Indonesia pada Selasa 29 Jumadal Akhirah 1443 H /1 Februari 2022 M.

Ketika memasuki awal bulan Rajab, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak berdoa dan melakukan amalan-amalan sunnah.

Bulan Rajab dimaknai sebagai bulan dimana kita harus mulai menahan diri.

Bulan Rajab disebut sebagai salah satu Asyurul Hurum atau bulan yang dimuliakan selain Dzulqqidah, Dzulhijjah dan Muharram.

Dikutip dari kemenag.go.id, bulan Rajab memiliki kemuliaan karena Rasulullah ketika menyebut urutan bulan-bulan haram (yang dimuliakan) yakni Dzul Qaidah, Dzul Hijjah, Muharram dan Rajab, secara khusus beliau membuat kalimat penegasan: "Rajab mudhar yang ada di antara bulan Jumad dengan Sya'ban."

Hal tersebut menunjukkan kalimat penegasan Rasulullah dalam hadits yang diriwayatkan Abu Bakroh itu diberikan catatan oleh ulama besar, seperti Ibnu Katsir dan Imam Nawawi.

Keduanya sama-sama membuat catatan bahwa di zaman Rasulullah, masyarakat Arab masih mengenal dua sebutan Rajab, yaitu Mudhar dan Rabi'ah.

Baca Juga: Sudah Memasuki Bulan Rajab Banyak Amalan yang Bisa Diamalkan Seorang Muslim, Simak Jadwal Puasa Sunnah di Bulan Februari 2022 ini

Rajab mudhar artinya mulia bagi setiap orang yang dapat menahan diri dari madarat ialah bulan yang terletak di antara Jumadil Akhir dengan Sya'ban.

Sedangkan Rajab Rabi'ah dipahami sebagai bulan yang mulia bagi orang Arab sebagai waktu mudiknya para perantau dan penggembala adalah bulan (Ramadhan dalam Islam) yang jatuh di antara Sya'ban dengan Syawwal".

Source : tribunlifestyle.com

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Baca Lainnya

Latest