Follow Us

Se-Indonesia Wajib Banget Tahu, Ternyata Begini Cara Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Metode SADARI

Helna Estalansa - Jumat, 28 Januari 2022 | 15:00
(Ilustrasi) kanker payudara
dok. freepik.com

(Ilustrasi) kanker payudara

GridHype.ID - Sampai detik ini, kanker payudara masih menjadi momok mengerikan bagi semua orang. Terutama bagi para wanita.

Betapa tidak? Kanker payudara menjadi penyebab kematian terbesar yang terjadi pada wanita di seluruh dunia.

Pada tahun 2020 lalu misalnya, dikutip dari GridHealth.ID, Organisasi Kesahatan Dunia atau WHO melaporkan terdapat sekitar 2,3 juta wanita yang didiagnosis mengalami kanker payudara.

Tak hanya itu, jumlah kematian karena kanker payudara pun cukup banyak, yakni 685.000 orang secara global, dilansir dari laman WHO.int, Senin (13/12/2021).

Untuk medeteksi kanker payudara sedini mungkin, terdapat metode SADARI (Periksa Payudara Sendiri), yang bisa dilakukan oleh seorang wanita.

Metode SADARI diketahui tidak hanya dilakukan untuk mendeteksi gejala kanker payudara, tetapi juga tumor jinak yang biasanya belum menimbulkan gejala.

Melakukan pemeriksaan payudara sendiri, dapat membantu proses deteksi kanker payudara, sehingga dapat segera ditangani.

Pasalnya, para pasien kanker payudara kebanyakan melakukan pemeriksaan ketika kankernya sudah ada di stadium lanjut.

Bagaimana cara melakukan SADARI? Dan kapan sebaiknya metode ini dilakukan?

Baca Juga: Kanker Payudara Jadi Penyakit yang Paling Ditakuti Lantaran Bisa Merenggut Nyawa, Coba Konsumsi Makanan Ini Agar Terhindar dari Risikonya

Dokter Spesialis Bedah Onkologi dari Brawijaya Hospital Antasari, dr Arief Wibisono, Sp.B(K) Onk mengatakan, idealnya SADARI dilakukan sejak seorang wanita mengalami menstruasi.

“Awalnya tumor jinak di usia yang muda. Biasanya sih usia 20-30 tahun, tumor jinak. Tapi mungkin membiasakannya mulai dari remaja. Kalau dari anjuran, di atas usia 20 tahun itu periksa payudara sendiri,” ujarnya kepada GridHEALTH dalam liputan khusus, Sabtu (11/12/2021).

Source : GridHEALTH

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest