Follow Us

Disebut 500 Persen Lebih Cepat Menular, Berikut 5 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menghindari Penyebaran Varian Omicron Menurut Pakar

Dwi Purworahayu - Minggu, 05 Desember 2021 | 07:00
Varian Omicron di 6 negara di Asia
SHUTTERSTOCK/angellodeco

Varian Omicron di 6 negara di Asia

GridHype.ID - Mutasi virus corona yang disebut B.1.1.529 atau varian Omicron kini mulai meresahkan masyarakat dunia.

Pasalnya, varian Omicron ini disebut lebih cepat menular jika dibandingkan varian-varian sebelumnya.

Melansir Kontan.co.id, Epidemiolog dari Griffifth University Australia, Dicky Budiman mengingatkan bahwa varian Omicron ini berpotensi menjadi masalah besar bagi dunia.

Memang, gejala yang diakibat oleh infeksi varian baru ini disebut cukup ringan.

Namun, kecepatan penularannya bisa mencapai lebih dari 500% atau 5 kali lipat dibandingkan dengan virus corona SARS-CoV-2 aslinya yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China 2019 lalu.

Oleh sebab itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengklasifikan varian Omicron ini ke dalam kategori variant of concern (VoC), tanpa melalui kategori variant of interest (VoI).

Untuk diketahui, variant of concern adalah varian virus corona yang menyebabkan peningkatan penularan dan angka kematian akibat Covid-19.

Dicky mengatakan, varian Omicron ini masuk dalam kategori VoC karena penularannya mencapai 400% dibandingkan dengan VoC lainnya, yaitu varian delta.

"Kalau diibaratkan varian delta (yang sempat merebak beberapa waktu lalu) yang 100 persen kecepatannya lebih cepat menular daripada virus liar di Wuhan, ini kemungkinannya (varian baru) Omicron kecepatan penularannya bisa sampai 500% atau 5 kalinya," jelas Dicky.

Baca Juga: Masyarakat Dunia Dibayangi Varian yang 500 Persen Lebih Menular, Ini Gejala Covid-19 Varian Omicron Menurut Dokter Penemunya

Sementara itu, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan agar kita terlindung dari paparan varian baru virus corona.

Melansir Kompas.com, pakar penyakit menular terkemuka di Amerika Serikat, Dr Anthony Fauci menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari infeksi virus corona penyebab Covid-19.

Source : Kompas.com, Kontan.co.id

Editor : Hype

Baca Lainnya

Latest