Follow Us

Boyong Trofi Thomas Cup 2020, Bendera Merah Putih Dilarang Berkibar Saat Seremoni Malah Diganti Bendera Logo PBSI, Ada Apa?

Dwi Purworahayu - Senin, 18 Oktober 2021 | 15:15
Tim bulu tangkis Indonesia saat mengangkat trofi Thomas Cup 2020.
Badminton Photo

Tim bulu tangkis Indonesia saat mengangkat trofi Thomas Cup 2020.

GridHype.ID - Mengibarkan bendera Merah Putih saat memenangkan sebuah ajang olahraga bergengsi tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri.

Sayangnya, Indonesia dipastikan tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih dalam seremoni Thomas Cup 2020.

Meski demikian, kontingen Indonesia bisa mengibarkan bendera dengan logo Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) sebagai gantinya.

Mengutip Kompas.com, hal itu menyusul hukuman dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA) kepada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) yang dijatuhkan pada pekan lalu.

"Iya, betul. Bendera Merah Putih diganti bendera logo PBSI," ujar Kabid Humas dan Media PBSI, Broto Happy saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Minggu (17/10/2021).

Broto mengatakan, itu sudah menjadi aturan WADA.

"Gara-gara kita, Indonesia, termasuk yang tidak patuh kepada WADA. Kita tidak patuh terhadap pelaksanaan tes doping itu," kata dia.

Mengenai lagu kebangsaan "Indonesia Raya", ia belum bisa memastikan apakah bisa diputar atau tidak.

Baca Juga: Benarkah Penderita Penyakit Asam Lambung Tidak Boleh Menerima Vaksinasi Covid-19? Mari Simak Penjelasan Berikut

Broto mengaku belum mendapat update terbaru dari Kepala Bidang (Kabid) Luar Negeri PP PBSI, Bambang Roedyanto.

"(Lagu kebangsaan bisa diputar atau tidak) Saya belum dapat update nih, untuk sementara infonya bendera Merah Putih diganti bendera logo PBSI. Di sini baru pagi, saya belum bertemu (Pak Rudy) di stadion," ujar Broto.

Duduk masalah sanksi WADA

Source : Kompas.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest