Follow Us

Sayang untuk Dilewatkan, Ternyata Ini Manfaat Daun Kelor yang Kini Diburu Banyak Negara, Mulai dari Eropa sampai Amerika

Helna Estalansa - Rabu, 08 September 2021 | 09:30
Daun kelor
https://www.maxpixel.net/Shallow-Depth-Of-Field-Plant-Leaf-Green-3667524

Daun kelor

GridHype.ID - Mungkin banyak di antara kamu yang menganggap bahwa daun kelor hanyalah tanaman biasa yang biasa dimanfaatkan sebagai sayur.

Tapi tunggu dulu, daun kelor kini justru menjadi buruan banyak orang loh.

Rupanya daun kelor memiliki segudang khasiat baik bagi kesehatan tubuh.

Melansir dari Kompas.com, daun kelor selama ini lebih dikenal sebagai bahan pangan yang biasanya diolah menjadi sayur.

Padahal, daun kelor juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat, sebab ada banyak khasiat kesehatan yang bisa diperoleh dari daun kelor.

Hasil studi menunjukkan bahwa daun kelor dapat mencegah berbagai penyakit karena mengandung banyak nutrisi yang sangat penting.

Daun kelor mengandung semua unsur asam amino essensial yang sangat penting, yakni unsur argine, histidine, isoleucine, leusine, lysine, methionine, phenylalinine, threonine, tryptophan, dan valine.

Selain itu, daun kelor juga mengandung protein, lemak, beta carotene (vitamin A), thiamin (vitamin B1), riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin C, kalsium, karbohidrat, tembaga, serat, zat besi, magnesium, dan fosfor.

Daun kelor segar akan semakin baik dikonsumsi setelah dikeringkan dan dihaluskan karena semua nutrisi yang dikandungnya akan mengalami peningkatan kecuali vitamin C.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu, Cukup 20 Menit Rebus Daun Kelor, Manfaat Luar Biasa ini Bakal Dirasakan Tubuh dari Ancaman Penyakit Mengerikan ini

Melansir dari Nakita.ID, bahkan karena manfaat daun kelor yang dikenal sebagai superfood ini, membuatnya menjadi incaran di sejumlah negara Eropa, Timur Tengah, sampai Amerika Serikat (AS).

Tingginya minat pasar global pada superfood ini disampaikan pengusaha daun kelor beromzet miliaran rupiah asal Blora, Jawa Tengah, bernama Ai Dudi Krisnadi.

Source : Kompas.com, Nakita.ID

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest