Follow Us

Nyesel Baru Tahu, Cukup 20 Menit Rebus Daun Kelor, Manfaat Luar Biasa ini Bakal Dirasakan Tubuh dari Ancaman Penyakit Mengerikan ini

Nabila Nurul Chasanati - Minggu, 05 September 2021 | 06:15
Daun kelor, salah satu tanaman obat yang berkhasiat.
https://pixabay.com/images/id-4032597/

Daun kelor, salah satu tanaman obat yang berkhasiat.

GridHype.ID - Pernahkah kalian memasak sayuran dengan menambahkan daun kelor?

Meski jarang yang memanfaatkan daun kelor untuk masakan, namun daun ini kerap digunakan sebagai tanaman obat.

Sebab daun kelor memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dikutip dari Kompas.com, Hasil studi menunjukkan bahwa daun kelor dapat mencegah berbagai penyakit karena mengandung banyak nutrisi yang sangat penting.

Daun kelor mengandung semua unsur asam amino essensial yang sangat penting, yakni unsur argine, histidine, isoleucine, leusine, lysine, methionine, phenylalinine, threonine, tryptophan, dan valine.

Selain itu, daun kelor juga mengandung protein, lemak, beta carotene (vitamin A), thiamin (vitamin B1), riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin C, kalsium, karbohidrat, tembaga, serat, zat besi, magnesium, dan fosfor.

Daun kelor segar akan semakin baik dikonsumsi setelah dikeringkan dan dihaluskan karena semua nutrisi yang dikandungnya akan mengalami peningkatan kecuali vitamin C.

Daun kelor juga dipercaya dapat mengobati penyakit diabetes.

Menurut penelitian, daun kelor dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi komplikasi terkait penyakit diabetes.

Berdasarkan hasil uji klinis pada tahun 2016, daun kelor disebut mampu meningkatkan produksi insulin sehingga dapat membantu mencegah diabetes.

Baca Juga: Gak Perlu Skincare Mahal Bikin Kulit Wajah Mulus Bebas Komedo, Coba Gunakan Daun Kelor untuk Perawatan Kulit

Dalam penelitian tersebut, 4 gram daun kelor terbukti bisa meningkatkan sirkulasi insulin dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Source : kompas, Sajian Sedap

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Baca Lainnya

Latest