Follow Us

Dulu Ngotot Salahkan China Atas Pandemi Covid-19, Inteljen AS Justru Gagal Tentukan Asal Muasal Corona

Ngesti Sekar Dewi - Minggu, 29 Agustus 2021 | 09:00
pengaruh pasca covid-19
freepik/rawpixel

pengaruh pasca covid-19

GridHype.id- Pandemi Covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Kota Wuhan, China pada akhir tahun 2019 silam masih menjadi misteri hingga kini mengenai asal muasalnya.

Pandemi yang kadung menyebar ke hampir seluruh dunia ini membuat beberapa negara saling tuduh mengenai siapa yang harus bertanggung jawab.

Bagaimana, dilansir dari Covid19.go.id, korban jiwa virus Sars-CoV-2 ini telah menelan sedikitnya 4.470.969 jiwa diseluruh pelosok dunia.

Sejumlah negara bahkan sempat berada dalam keadaan defisit, tak terkecuali Indonesia.

Meski telah menyebabkan sejumlah negara keos, namun hingga kini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) maupun badan intelijen tiap negara belum berhasil mengungkap asal muasal virus corona.

Beberapa waktu lalu, dilansir dari Rri.co.id, Komunitas intelijen AS gagal menentukan asal virus corona terbaru.

Meski penyelidikan lanjutan telah berlangsung, pada Jumat (27/8/2021) pihak Intelijen AS mengatakan bahwa opsinya masih terbagi menjadi apakah virus itu muncul dari kontak manusia dengan hewan yang terinfeksi atau dari insiden di laboratorium.

Di sisi lain, untuk menyangkal jika virus Covid-19 merupakan virus yang dikembangkan sebagai senjata biologis, Kantor Direktur Intelijen Nasional AS mengatakan dalam sebuah laporan, "Semua lembaga menilai bahwa dua hipotesis masuk akal: paparan alami terhadap hewan yang terinfeksi dan insiden terkait laboratorium."

Baca Juga: Bikin Melongo Seantero, Pria Ini Lakukan Vaksinasi dengan 5 Dosis dari 3 Vaksin Berbeda

Komunitas intelijen "menilai mereka tidak akan dapat memberikan penjelasan yang lebih pasti" tanpa informasi baru, seperti apakah laboratorium di kota Wuhan di Cina tengah, tempat pertama kali pandemi terdeteksi pada akhir 2019, sedang menangani virus atau ada kemunculan sumber virus terdekat sebelum COVID-19, kata kantor itu, seperti dikutip dari Kyodo News, Sabtu (28/8/2021).

Menurut ringkasan evaluasi laporan tersebut, kemungkinan virus muncul dan menginfeksi manusia melalui paparan awal skala kecil yang terjadi paling lambat November 2019, dengan kelompok kasus COVID-19 pertama yang diketahui muncul di Wuhan pada Desember 2019.

Laporan itu, mengatakan empat elemen komunitas intelijen dan Dewan Intelijen Nasional menilai dengan "keyakinan rendah" bahwa infeksi awal kemungkinan besar disebabkan oleh paparan alami pada hewan yang terinfeksi virus atau sumber virus terdekat.

Source : kompas, RRI.co.id, covid19.go.id

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest