Follow Us

Dikenakan Jokowi Saat Upacara HUT RI, Ini Makna Baju Adat Lampung yang Dibeberkan Oleh Desainer Kondang Tanah Air

Puspita Rahayu - Kamis, 19 Agustus 2021 | 06:30
Iriana Jokowi mengenakan busana nasional pada Upacara HUT ke-76 RI.
Dok. Biro Setpres

Iriana Jokowi mengenakan busana nasional pada Upacara HUT ke-76 RI.

GridHype.id- Pada upacara peringatan HUT ke-76 RI, Presiden Joko Widodo berhasil menarik perhatian masyarakat dengan pakaian yang dikenakannya.

Bukan mengenakan jas dengan dasi seperti biasanya, Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung yang begitu ampuh menambah gagah dirinya.

Pakain unik nan bersejarah itu terdiri atas baju lengan panjang berwarna putih dengan paduan celana panjang berwarna putih.

Tak hanya itu, kain sarung tumpal berwarna merah menambah meriah nuansa Indonesia.

Meski terlihat biasa saja, pakaian adat pilihan Jokowi ini rupanya menyimpan makna yang begitu mendalam.

Dikutip dari Kompas.com (17/8/2021), makna pakaian adat tersebut dibeberkan oleh perancang busana kondang, Didet Maulana.

Melalui akun Twitter miliknya @didetmaulana, ia menceritakan kisah menarik dibalik pakaian megah yang digunakan orang nomor satu di Indonesia itu.

Didiet Maulana mengaku bahwa apa yang disampaikannya adalah hasil diskusi dengan Riana Sari Arinal yang tidak lain adalah Ketua Dekranasda Lampung.

Didiet Maulana mengatakan bahwa pakaian yang digunakan Jokowi adalah pakaian adalt Lampun Pepadun Penyimbang Tetua Adat/Pimpinan dalam Adat yang disiapkan oleh tim khusus dari Lampung.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Banyak Hal Menarik, Kamu Bisa Ikuti Rangkaian Upacara Virtual HUT Ke-76 RI, Yuk Daftar di Sini

Adat Lampung sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Pepadun (tinggal di daratan) dan Sai Batin (tinggal di daerah pesisis/pantai).

Source : Kompas.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest