Follow Us

Dulu Dicibir Lantaran Tak Masuk Akal, 4 Teori Aneh Stephen Hawking Ini Kini Malah Terbukti Jadi Kebenaran

Ruhil Yumna - Senin, 09 Agustus 2021 | 13:45
Stephen Hawking
Hawking.org.uk

Stephen Hawking

GridHype.ID - Kendati memiliki kondisi tubuh lemah, namun pemikiran fisikawan ini bahkan masih bermanfaat bagi peradaban manusia.

Buah pemikirannya ia tuangkan dalam tesis doktoralnya pada tahun 1966.

Sejak tahun itulah ia terus menelurkan berbagai karya terobosannya berlanjut tanpa henti hingga makalah terakhirnya pada tahun 2018 diselesaikan hanya beberapa hari sebelum kematiannya pada usia 76 tahun.

Semasa hidupnya, salah satu fisikawan teoretis terbesar di zaman modern ini terkenal karena penampilannya di media populer dan perjuangan seumur hidupnya melawan penyakit yang melemahkan tubuhnya itu.

Namun ia tak hanya terkenal semasa hidupnya. Setelah meninggal pun namanya terus diperbincangkan karena satu per satu teori yang dulu pernah ia kemukakan terbukti benar di kemudian hari.

Setidaknya ada empat teori Stephen Hawking yang kini telah terbukti benar.

Mulai dari pandangannya yang menakjubkan tentang lubang hitam hingga penjelasannya tentang awal mula alam semesta yang sederhana, berikut adalah empat teorinya yang sudah terbukti benar, sebagaimana dikutip dari Live Science.

Baca Juga: Tak Terduga, Eksperimen Mengejutkan Ini Berhasil Ubah Air Menjadi Logam, Ini Faktanya

1. Teori Big Bang

Hawking memulai dengan awal yang baik dengan tesis doktoralnya, yang ditulis pada saat kritis ketika ada perdebatan sengit antara dua teori kosmologis yang saling bersaing, yakni Teori Big Bang dan Teori Steady State.

Kedua teori menerima bahwa alam semesta mengembang, tetapi yang pertama mengasumsikan alam semesta mengembang dari keadaan ultra-kompak dan super-padat pada waktu yang terbatas di masa lalu,

Source : Live Science, National Geographic

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest