Follow Us

Berita Hoax Seputar Covid-19 Ancam Pejuang Isoman, Pentingnya Asupan Vitamin untuk Jaga Imun Tubuh

Nailul Iffah - Sabtu, 07 Agustus 2021 | 15:00
Ilustrasi sesak napas akibat Covid-19
iStockphoto

Ilustrasi sesak napas akibat Covid-19

GridHype.ID - Penyebaran virus corona di Indonesia kian meningkat setiap harinya.

Penambahan kasus harian Covid-19 di Indonesia masih berada di angka 30 ribu.

Bahkan jumlah kasus aktif di Indonesia menjadi terbesar keenam di dunia dengan 507.117.

Maka situasi pandemi di Tanah Air masih sangat mengkhawatirkan masyarakat.

Sementara banyak beredar informasi terkait Covid-19 yang tidak valid sumbernya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat 1.828 konten hoax mengenai Covid-19 telah tersebar melalui sosial media.

Untuk meluruskan berita yang sudah beredar luas, HelloSehat bersama Kementerian Kesehatan dan didukung oleh Redoxon mengangkat tema bertajuk "Hoaks, Fakta, Sains Pejuang Isoman Covid-19".

Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait kunci penanganan Covid-19 saat melakukan isolasi mandiri (isoman).

Kegiatan webinar menghadirkan pembicara utama: Dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan dan Juru Bicara Vaksin Covid-19, Dr. Suci Sutinah Diah Suksmasari, Country Medical Lead Consumer Health Bayer Indonesia, serta dr. Gia Pratama, praktisi kesehatan.

Informasi yang keliru mengenai Covid-19 tidak hanya membingungkan masyarakat, tetapi juga berisiko membahayakan kesehatan.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah memberikan informasi yang benar berlandaskan sains untuk penanganan Covid-19 secara menyeluruh, termasuk tatalaksana bagi pasien isoman,” ungkap Dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan.

“Tak terkecuali, pedoman isoman secara non-farmakologis (non-obat), seperti panduan menjaga rumah tetap higienis serta perilaku 3M oleh pasien dan keluarganya.

Editor : Nailul Iffah

Latest