Follow Us

Catat! 6 Obat Ini Tak Boleh Dikonsumsi Pasien Covid-19 Saat Isolasi Mandiri di Rumah, Fatal Bisa Mengancam Nyawa

Dwi Purworahayu - Sabtu, 17 Juli 2021 | 10:30
Ilustrasi Obat Covid-19
Freepik.com

Ilustrasi Obat Covid-19

GridHype.ID - Saat ini, pasien covid-19 yang mengalami gejala ringan tak perlu khawatir jika tidak mendapatkan perawatan di rumah sakit, tapi cukup isolasi mandiri di rumah.

Hal ini dikarenakan, pasien tanpa gejala dan bergejala ringan bisa disembuhkan utamanya dengan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh saat menjalani isolasi mandiri di rumah.

Melansir kontan.co.id, Kementerian Kesehatan merekomendasikan sejumlah vitamin dan mineral yang bisa dikonsumsi pasien covid-19 saat isolasi mandiri.

Penderita Covid-19 gejala ringan dan tanpa gejala perlu minum vitamin C, D, dan zinc, atau multivitamin (dengan komposisi vitamin C, D, E, zinc).

Tidak hanya itu, istirahat yang cukup, rajin berjemur, mengelola stres dan emosi diri, serta mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter penanggung jawab atau petugas dari fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) terdekat menjadi modal penting untuk segera pulih dari penyakit Covid-19 ini.

Namun, ada pula beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pasien Covid-19 yang dirawat di rumah.

Pasien covid-19 perlu memerhatikan beberapa jenis obat-obatan yang tidak boleh atau harus dihindari jangan sampai mengonsumsinya selama menjalankan isolasi mandiri.

Mengutip Kompas.com, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Indonesia menyatakan, dalam keadaan apapun saat sakit, instruksi tenaga kesehatan pasien harus diikuti dengan tepat.

Jangan asal inisiatif mengonsumsi obat tanpa basis bukti ilmiah, dan hanya karena pernah mendengarnya dari omongan tetangga, netizen di media sosial, ataupun broadcast di grup-grup WhatsApp.

"Jangan melakukan pengobatan sendiri dengan obat lain tanpa anjuran dari tenaga kesehatan," tegas WHO Indonesia seperti dikutip Kompas.com melalui akun Instagram resminya @whoindonesia.

Baca Juga: Satu Indonesia Wajib Tahu! Selalu Tersaji di Meja Makan Lantaran Dianggap Sehat, Tempe Justru Berbahaya untuk Orang dengan Kondisi Ini, Salah-salah Bikin Penyakit Makin Parah Loh

Source : Kompas.com, Kontan.co.id

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest