Follow Us

Panik Karena Kontak Erat dengan Pasien Positif Covid-19? Simak Hal-hal yang Harus Dilakukan

Ruhil Yumna - Kamis, 01 Juli 2021 | 13:45
Jenazah covid-19 di India
Kompas.com

Jenazah covid-19 di India

GridHype.ID - Seiring dengan terus melonjaknya angka kasus Covid-19, masyarakat kian kalang kabut.

Namun ada baiknya kita terlalu panik.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan usai melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19.

Lalu, kira-kira apa yang dimaksud dengan kontak erat?

Baca Juga: Sempat Membaik Pasca Dinyatakan Positif Covid-19, Jane Shalimar Dikabarkan Kembali Kritis, Dr GD: Ada Perluasan Awan dan Infiltrat di Kedua Paru-parunya Jane

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Pasar Kemis, dr Kiki Maharani, SpPD, menjelaskan, bertatapan muka dengan orang yang positif Covid-19 selama lebih kurang 15 menit sudah termasuk dalam kontak erat.

Dalam kondisi ini, dr Kiki mengimbau agar masyarakat mewaspadai jika muncul gejala Covid-19 setelah lima hingga tujuh hari.

"(Sebab) masa inkubasinya (virus corona yang masuk ke tubuh) sekitar lima sampai tujuh hari," ungkap dr Kiki saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/6/2021).

Setelah kontak erat atau saat baru mengetahui bahwa seseorang yang ditemui terkonfirmasi positif Covid-19, tes Covid-19 yang langsung dilakukan seketika itu, baik menggunakan tes swab antigen maupun PCR test, bisa saja menunjukkan hasil negatif.

"Karena mungkin pada saat itu (tes Covid-19) belum terbentuk paparan virus di tubuh kita," jelas dr Kiki.

Oleh sebab itu, dr Kiki menyarankan agar tes Covid-19 dapat dilakukan setelah masa inkubasi, yakni sekitar lima hingga tujuh hari.

Source : Kompas

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest