Follow Us

Hati-hati! Pengendara Sepeda yang Salahgunakan Jalur Umum Bakal Kena Hukuman, Berikut Informasinya

Puspita Rahayu - Rabu, 02 Juni 2021 | 11:15
Pesepeda yang keluar jalur roadbike bakal kena sanksi
kompas.com

Pesepeda yang keluar jalur roadbike bakal kena sanksi

GridHype.ID- Beberapa waktu lalu viral sebuah video yang menunjukan salah satu pengendara sepeda motor mengacungkan jari tengah kepada rombongan pengendara sepeda di DKI Jakarta.

Kejadian pada Kamis, 27 Mei 2021 lalu, membuat pengendara motor kesal pada pengendara sepeda yang menggunakan jalur umum.

Padahal diketahui bahwa jalur khusus untuk pengendara sepeda telah disediakan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menuturkan bahwa pelanggaran tersebut bakal ditindaklanjuti melalui penetapan hukuman tilang.

Baca Juga: Rejeki Nomplok, Ada Tradisi Unik di Masjid Al Hijrah di Solo, Jamaah yang Paling Rajin Salat Akan Mendapatkan Sepeda Motor

Biaya tilang yang bakal dikenakan adalah sebesar Rp100.000 atau bahkan hukuman kurungan paling lama 15 hari.

Dilansir dari Tribunnews.com (29/5/2021), peraturan tersebut bakal diterapkan pada jalan yang terdapat jalur khusus roadbike.

Sambodo menuturkan bahwa pihaknya akan menemui berbagai instansi untuk menindaklanjuti peraturan tersebut.

Pihak Polda Metro Jaya akan menemui Korlantas Polri, Kejaksaan RI, hingga Pengadilan untuk membawa peraturan itu ke tahap yang lebih matang.

Selain sanksi berupa tilang dan kurungan, pihak kepolisian juga tengah mengkaji kembali kemungkinan hukuman berupa penyitaan.

“Jadi itu upaya represif itu adalah upaya terakhir dari pihak kepolisian untuk melakukan penertiban atau penindakan terhadap perilaku yang melanggar aturan,” Ujar Sambodo dikutip dari KompasTV (1/6/2021).

Source : tribunnews.com, KompasTV

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest