Follow Us

Rahasia Senjata Nuklir Amerika Serikat Bocor, Pasukan Akali dengan Buat Rangkuman Manfaatkan Aplikasi Populer

Ruhil Yumna - Minggu, 30 Mei 2021 | 16:45
Teknologi Nuklir
Pixabay

Teknologi Nuklir

GridHype.ID - Baru-baru ini pasukan Amerika Serikat dituding manfaatkan situs aplikasi populer untuk mengungkap rahasia nuklir negara.

Dalam tuduhan itu disebut jika pasukan AS menggunakan situs aplikasi pendidikan populer untuk membuat kartu rangkuman (flash card), yang mengungkap lokasi persis dan protokol keamanan rahasia.

Menurut Investigasi Bellingcat pada Jumat (28/5/2021), tentara AS yang menjaga senjata nuklir di Eropa, membuat set flash card digital pada aplikasi seperti Chegg Prep, Quizlet, dan Cram.

Flash card itu diduga dibuat untuk membiasakan diri dengan hal-hal seperti, tempat penampungan di berbagai lokasi yang memiliki brankas "panas" dengan bom nuklir aktif.

Baca Juga: Boba Kian Langka di Amerika Serikat, Bisnis Bubble Tea Kalang Kabut

Termasuk informasi jadwal patroli keamanan dan detail lencana identifikasi.

"Dengan hanya mencari secara online istilah yang diketahui publik terkait dengan senjata nuklir, Bellingcat dapat menemukan kartu yang digunakan oleh personel militer, yang bertugas di enam pangkalan militer Eropa yang dilaporkan (digunakan) untuk menyimpan perangkat nuklir," tulis Foeke Postma, penulis artikel Bellingcat melansir AFP.

Mereka menemukan satu set 70 kartu pengingat di Chegg, berjudul "Study!."

Isinya mencatat tempat perlindungan persis yang berisi senjata nuklir di Pangkalan Udara Volkel di Belanda.

"Berapa banyak kubah WS3 yang ada di Volkel ab," tulis sisi pertanyaan dari satu kartu flash virtual itu, mengacu pada istilah militer untuk penyimpanan senjata dan sistem keamanan.

"sebelas (11)" terbaca di sisi jawaban.

Kartu lain dari set yang sama menunjukkan bahwa lima dari sebelas brankas "panas" dengan bom nuklir, sementara 6 lainnya "dingin."

Source : AFP, Kompas

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest