Follow Us

Penyintas Kanker Payudara Perlu Terus Aktif Bekerja dan Berkarya, Ini Alasannya

Ruhil Yumna - Rabu, 28 April 2021 | 04:00
Ilustrasi kanker payudara.
Shutterstock

Ilustrasi kanker payudara.

GridHype.ID - Beberapa orang yang mengidap sakit malah berusaha untuk bisa banyak beristirahat daripada bekerja.

Namun, siapa yang menyangka jika terus berkarya dan bekerja menjadi salah satu terapi psikis bagi penyintas kanker payudara.

Rupanya hal itu lantaran, dengan terus berkarya para penyintas dapat menumbuhkan kembali untuk terus merasa normal dan berharga.

Baca Juga: Sering Diabaikan Banyak Wanita, 5 Gejala Kanker Payudara Ini Wajib Kamu Waspadai, Apa Saja?

Mengembalikan rasa normal adalah salah satu cara mengembalikan rasa percaya diri dan ini akan menjaga kualitas hidup penyintas kanker payudara.

Dr. Walta Gautama, Sp.B(K)Onk, Ahli Bedah Onkologi menjelaskan, “Penyintas kanker payudara sebaiknya tidak berhenti berkarya. Dalam artian kembali bekerja, kembali aktif dalam kegiatan sehari-hari sebagai salah satu cara untuk mengembalikan ‘kenormalan’ yang hilang setelah diagnosis dan terapi kanker.

Jangan jadikan pandemi sebagai penghambat, dengan tetap melakukan upaya pencegahan dan patuh pada protokol kesehatan, penyintas kanker payudara tetap bisa berkarya”, katanya dalam acara webinar diskusi media bertajuk “Haruskah Penyintas Kanker Payudara Berhenti Berkarya?”, yang diselenggarakan Pfizer Indonesia (17/12/2020).

Lebih lanjut Dr. Walta menjelaskan persiapan yang perlu diperhatikan oleh penyintas kanker payudara sebelum kembali aktif bekerja dan berkarya, sarannya adalah sebagai berikut;

1. Seperti memperhatikan hasil kesehatan fisik

2. Melakukan program rehabilitasi fisik tertentu jika diperlukan

Baca Juga: Jangan Sampai Kecolongan! Yuk Simak Gejala Kanker Payudara yang Wajib Kamu Tahu Sejak Dini

Source : GridHealth.ID

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest