Follow Us

Puasa Bukan Lagi Masalah, Intip Pilihan Makanan Diet yang Bisa Kita Coba, Lebaran Jadi Langsing

Ruhil Yumna - Rabu, 14 April 2021 | 03:45
Ilustrasi foto makanan diet
diabetesforecast.com

Ilustrasi foto makanan diet

GridHype.ID - Kendatipun seharian kita telah menahan lapar dan haus selama berpuasa, saat berbuka dan sahur kita juga harus memperhatikan apa yang dimakan.

Demi menjaga kesehatan, pola makan dengan komposisi gizi lengkap dan seimbang tetap perlu dipertahankan selama bulan puasa.

Apalagi biasanya saat berbuka dan sahur kita cenderung 'balas dendam' saat makan.

Baca Juga: Yuk Simak Tips Diet Ampuh yang Bikin Orang Pangling Ala Rebel Wilson

Biar puasa makin lancar, salah satu yang juga perlu kita perhatikan adalah pengaturan pola makan selama puasa. Apalagi buat kita yang sedang menjalani diet.

Buat kita yang lagi diet saat puasa, penting untuk memperhatikan asupan kalori dan memilih makanan yang tepat biar diet tetap sehat dan aman.

Dilansir dari Kompas.com, menurut dokter spesialis gizi klinik dari RS Hermina Ciputat, dr Dian Permatasari, yang membedakan pola makan saat berpuasa dan tidak puasa adalah jam mengonsumsi makanan.

"Sebenarnya saat puasa pun harus tetap mencukupi kebutuhan gizinya, asupannya harus sama, kalori yang masuk juga harus sama seperti saat tidak berpuasa. Jadi, dari pengaturan jamnya sama komposisinya harus pas, tentu saja harus mengikuti pola gizi seimbang," ujar Dian saat dihubungi Kompas.com.

Ada beberapa tips diet sehat saat puasa yang bisa kita terapkan.

Mulai dari usahakan untuk enggak skip sahur, perbanyak air putih, konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks dan protein serta perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya serat agar kenyang lebih lama.

Selain itu, kita pun sebaiknya enggak mengonsumsi makanan manis secara berlebihan, mengurangi gorengan dan hindari makanan yang tinggi kalori dan lemak jenuh (lemak jahat).

Source : kompas, cewek banget.id

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest