Follow Us

Jepang Kembali Bersiap Lakukan Lockdown Wilayah, Rupanya Mutasi Baru Virus Covid-19 E484K Sudah Masuk Indonesia Sejak Februari 2021, Apa Itu Virus E484K?

Dwi Purworahayu - Jumat, 09 April 2021 | 05:30
Kasus Mutasi Virus E484K Telah di Temukan di Jakarta, Kemenkes: Diduga Mempengaruhi Efikasi Vaksin Covid-19
freepict.com

Kasus Mutasi Virus E484K Telah di Temukan di Jakarta, Kemenkes: Diduga Mempengaruhi Efikasi Vaksin Covid-19

GridHype.ID - Lebih dari satu tahun dunia bergulat melawan pandemi covid-19, kini kembali muncul mutasi baru virus corona yang disebut virus E484K alias virus 'Eek'.

Virus E484 ini pertama kali muncul di Afrika Selatan, kemudian menjalar ke negara-negara lain seperti Brazil, Jepang dan Indonesia.

Seperti yang diwartakan Kompas.com, Juru Bicara Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, mutasi virus Covid-19 E484K ‘Eek’ sudah terdeteksi masuk ke Indonesia.

Baca Juga: Pemerintah Tengah Gencar Melaksanakan Program Vaksinasi, Apakah Penderita Diabetes yang Juga Penyintas Covid-19 Boleh Menerimanya?

"Iya ada satu kasus," kata Nadia saat dihubungi Kompas.com, Senin (5/4/2021).

Kasus tersebut ditemukan oleh Lembaga Eijkman pada Februari 2021 silam, dan saat ini pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh.

Namun, Nadia belum mendapatkan informasi lebih lanjut apakah mutasi virus Covid-19 E484K dibawa oleh pelaku perjalanan luar negeri atau tidak.

Baca Juga: Meski Sudah Divaksin Covid-19, Sri Mulyani Mewanti-wanti Masyarakat untuk Tidak Terlena, Muncul Gelombang Ketiga?

Sementara itu, Perdana Menteri (PM) Jepang, Yoshihide Suga mengatakan pada Minggu (4/4/2021) bahwa ia akan memperluas langkah-langkah darurat.

Melansir dari serambinews.com, hal tersebut dilakukan untuk menahan gelombang baru infeksi virus corona, di tengah kekhawatiran penyebaran mutasi virus corona.

PM Suga mengatakan Ibukota Jepang, Tokyo mungkin akan dimasukkan ke daftar area yang akan dilakukan lockdown secara ketat.

Source : Kompas.com, Serambinews.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest