Follow Us

Kepala BMKG Peringatkan Masyarakat Terkait Fenomena La Nina dan Prediksi Curah Hujan Tahun Ini Lebih Tinggi Dbandingkan Sebelumnya

Nabila N C, None - Minggu, 15 November 2020 | 08:30
Ilustrasi cuaca buruk
Pixabay.com/jeanluctelesfort

Ilustrasi cuaca buruk

GridHype.ID - Indonesia kini sudah memasuki musim penghujan.

Badan Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat akan fenomena la nina.

Fenomena La Nina membuat musim hujan tahun ini perlu diwaspadai, karena diperkirakan lebih lebat dibanding tahun sebelumnya.

Baca Juga: Jalani Pemeriksaan Selama 7 Jam, Aktor Bollywood Arjun Rampal Terlibat Kasus Dugaan Penyalahgunaan Narkoba

Kewaspadaan perlu ditingkatkan untuk pencegahan bencana.

Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) A. Fachri Radjab memprediksi curah hujan tahun ini akan lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu.

Fachri mengatakan curah hujan yang lebih tinggi pada tahun ini disebabkan oleh fenomena La Nina.

Baca Juga: Bukan Rekayasa, Roy Suryo Beberkan Keaslian Video Syur Mirip Gisel: di Detik ke 8 dan 14 Terdapat Flare Lampu

La Nina sendiri adalah fenomena yang ditandai dengan suhu lebih dingin di kawasan Samudera Pasifik bagian tengah dan timur, sedangkan di bagian barat lebih panas.

Hal ini memicu peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia.

"Musim hujan tahun ini, kita perkirakan jumlah curah hujannya akan lebih banyak dari normalnya karena ada fenomena La Nina," ujar Fachri, dalam diskusi Polemik Trijaya bertajuk 'Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita - Mitigasi Bencana Sekarang Juga', Sabtu (14/11/2020).

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Jarang Berpikir Positif dan Cenderung Pesimis, Taurus Muak dengan Kebahagiaan Palsu yang Dilakukan Orang Sekitar

Source : Tribun Style

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest