Follow Us

Seperti Masuk Angin, Ternyata Gejala Ispa dan 5 Penyakit Berbahaya Ini

None - Rabu, 16 Agustus 2023 | 14:06
Sering dilakukan, inilah 5 kebiasaan sepele penyebab masuk angin.
freepik.com

Sering dilakukan, inilah 5 kebiasaan sepele penyebab masuk angin.

GridHype.ID - Orang Indonesia umumnya sangat familiar dengan masuk angin.

Perasaan engga enak badan selalu dikaitkan dengan masuk angin.

Padahal, penyakit masuk angin enggak dikenal dalam dunia kedokteran modern, lho.

Istilah masuk angin hanya sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menggambarkan rasa enggak enak badan tanpa penyebab yang jelas.

Biasanya, orang-orang yang mengaku menderita masuk angin akan mengelukan sejumlah kondisi, seperti nyeri otot atau badan pegal-pegal, sakit kepala, perut kembung, hingga batuk pilek.

Tapi sebetulnya ada lho, sejumlah gangguan kesehatan yang lebih serius dan sering pula dianggap sebagai masuk angin, lalu akhirnya enggak ditangani secara tepat hingga rentan menimbulkan komplikasi berbahaya.

Gejala Penyakit Berbahaya

Kalau merasakan gejala mirip masuk angin, jangan disepelekan agar terhindar dari 5 penyakit berikut:

Serangan Jantung

Melansir buku 'Menaklukkan Pembunuh No. 1 (2010)' karya Dr. A. Fauzi Yahya, Sp.J.P. (K), FIHA, orang bisa keliru menduga gejala serangan jantung sebagai gejala masuk angin atau angin duduk.

Serangan jantung selama ini memang dikenal memiliki keluhan yang khas, yakni sakit di dada sebelah kiri, tapi justru di situlah letak persoalannya.

Selain kemampuan awam yang terbatas dalam menganalisis ciri khas penyakit jantung, variasi intensitas rasa sakit itu sendiri juga dapat mengecoh.

Sebagian penderita serangan jantung memang menyampaikan keluhan khas serangan jantung, yaitu nyeri dada kiri seperti terimpit benda berat serta bisa menjalar ke lengan dan punggung.

Source : cewek banget.id

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest