Follow Us

Ramai Soal Bahaya Jamur Enoki, Berikut Gejala Infeksi Listeria yang Perlu Kamu Tahu, Fatal Bagi Para Ibu Hamil dan Lansia

None - Jumat, 26 Juni 2020 | 14:17
Jamur enoki
Shutterstock

Jamur enoki

GridHype.ID - Belakangan jamur enoki jadi bahan makanan yang dibicarakan masyarakat.

Hal itu lantaran jamur itu diseinyalir jadi tempat berkembang biaknya bakteri Listeria.

Bakteri ini mengakibatkan infeksi listeria merupakan penyakit yang disebabkan oleh makanan mengandung bakteri Listeria.

Penyakit ini berdampak sangat serius pada ibu hamil, orang berusia di atas 65 tahun, dan orang dengan sistem imun rendah.

Baca Juga: Kisah Kembar Buncing di Bali, Jika dari Kasta Tinggi Dianggap Berkah, Namun Jika dari Keluarga Biasa Baka Malapetaka, Bakal Dibuang dan Diasingkan

Bakteri Listeria monocytogenes bisa ditemukan pada daging yang tidak dimasak dengan benar, susu yang tidak dilakukan pasteurisasi, serta yang sekarang sedang heboh di Indonesia.

Jamur enoki yang diproduksi oleh perusahaan pangan Sun Hong Foods dan Green Co, Ltd asal Korea Selatan.

Orang yang tubuhnya sehat memang jarang menjadi sakit gara-gara infeksi listeria, tetapi pada orang dengan daya tahan tubuh lemah, seperti bayi, janin dalam kandungan, atau lansia, dampaknya bisa fatal.

Jika seseorang terinfeksi listeria, akan timbul gejala berupa demam, nyeri otot dan sendi, pusing, hingga diare.

Gejala itu bisa timbul beberapa hari setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, atau bisa juga baru ada gejala setelah 30 hari.

Bila infeksinya menyebar sampai ke sistem saraf, gejala yang perlu diwaspadai adalah nyeri kepala, kaku pada leher, pusing dan bingung, kehilangan keseimbangan, serta kejang.

Source : Kompas

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest