Follow Us

Mulai Bergerak! Peneliti Ungkap Fakta Resiko Kanker Meningkat Jika Terlalu Lama Duduk, Berikut Penjelasannya

None - Jumat, 19 Juni 2020 | 13:45
Ilustrasi duduk terlalu lama
Pixabay

Ilustrasi duduk terlalu lama

GridHype.ID - Hingga kini kanker masih menjadi penyakit mematikan di dunia.

Tak pandang umur, penyakit ini bisa menyerang siapapun.

Umumnya penyakit ini biasa muncul dipicu oleh pola hidup yang buruk.

Baca Juga: Hanya Lakukan Gerakan Sederhana Ini Selama 20 Menit Setelah Bangun Tidur Tiap Hari, 5 Manfaat Kesehatan akan Kamu Peroleh

Namun, baru-baru ini, peneliti asal Texas menemukan bahwa terlalu banyak duduk atau terlalu lama duduk bisa meningkatkan penyakit kanker itu menjalar ke tubuh dengan cepat.

Duduk terlalu lama atau kurang bergerak aktif dapat berbahaya bagi kesehatan kita.

Selain membuat otot dan sendi lemah serta kaku akibat kurang aktif bergerak, keseringan duduk bisa memperlambat metabolisme tubuh, dan memicu sejumlah penyakit, seperti kanker.

Menurut studi terbaru yang diterbitkan di JAMA Oncology, terlalu banyak duduk bisa meningkatkan risiko kanker.

"Ini adalah studi pertama yang secara pasti menunjukkan hubungan yang kuat antara kurang gerak dan kematian akibat kanker," kata penulis utama Dr. Susan Gilchrist, profesor pencegahan kanker klinis di MD Anderson Cancer Center di University of Texas, AS.

Kabar baiknya, mengganti setidaknya 30 menit waktu duduk dengan aktivitas fisik kategori ringan, sedang atau kuat, dapat menurunkan risiko itu.

"Temuan kami menegaskan penting untuk duduk lebih sedikit dan bergerak lebih banyak,'" kata Gilchrist dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Diduga Stres karena Suami dan Anaknya Meninggal Akibat Covid-19, Dokter Malang Ini Telanjang di Pinggir Jalan

Source : NOVA

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest