Follow Us

Viral Presiden Jokowi Sebut Arti Mudik dan Pulang Beda, Ternyata Begini Penjelasannya

None, Nabila N C - Kamis, 23 April 2020 | 15:40
Presiden Jokowi dan Najwa Shihab
Twitter @matanajwa

Presiden Jokowi dan Najwa Shihab

GridHype.ID - Tengah viral di media sosial perbedaan kata mudik dan pulang kampung.

Netizen membahas perbedaan mudik dan pulang kampung menyusul penjelasan Presiden Joko Widodo terkait arti atau makna kedua kata tersebut.

Arti mudik dan arti pulang kampung pun dijelaskan dengan berbagai argumen, termasul di antaranya dengan mengutip Kamus Bahasa Besar Indonesia (KBBI) atau kamus lainnya.

Presiden Jokowi dalam sebuah wawancara dengan wartawan senior Najwa Shihab mencoba menjelaskan arti mudik dan pulang kampung yang dalam pandangannya memiliki makna berbeda.

Baca Juga: Tak Hanya Sekedar Beribadah, ini 7 Hal Ajaib yang Akan Terjadi pada Tubuh Saat Berpuasa

"Kalau itu bukan mudik. Itu namanya pulang kampung. Karena bekerja di Jabodetabek. Di sini mereka sudah tidak punya pekerjaan ya mereka pulang karena anak dan istri ada di kampung," ujar Jokowi.

Jokowi menjawab pertanyaan Najwa Shihab yang menyebutkan kenapa pemerintah baru akan membuat kebijakan terkait mudik padahal faktanya sudah banyak orang yang mudik.

"Data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hampir 1 juta atau usekitar 900.000 orang yang sudah mudik. Kalau pemerintah baru akan melarang, apa tidak terlambat karena sebaran sudah terjadi?" tanya Najwa Shihab dalam sebuah video yang dibagikan di akun twitter @matanajwa, kemarin.

Mendapat pertanyaan seperti itu, Presiden Jokowi kemudian menjelaskan arti mudik dan pulang kampung yang dalam pandangannya itu berbeda.

Baca Juga: Ibu Atta Halilintar Ogah Nonton YouTube Kolab Anak Sulungnya dengan Aurel Hermansyah : Takut Lihat yang Tuhan Gak Suka

"Kalau mudik itu di hari Lebarannya. Ya beda. Untuk merayakan Idul fitri," kata Jokowi.

Najwa menegaskan, "Itu kan hanya perbedaan masalah waktu bapak."

Source : Wartakota

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest