Follow Us

Ramai Orang Takut Corona Menular Lewat AC, Ini Jawaban Profesor UGM dengan Membandingkan SARS dan MERS

None, Nabila N C - Senin, 13 April 2020 | 19:20
Banyak Orang Takut Corona Menyebar Lewat AC, Profesor UGM Ini Beri Jawaban dengan Membandingkan SARS dan MERS yang Pernah Mewabah
American Home Shield

Banyak Orang Takut Corona Menyebar Lewat AC, Profesor UGM Ini Beri Jawaban dengan Membandingkan SARS dan MERS yang Pernah Mewabah

GridHype.ID - Angka kasus virus corona jenis baru penyebab Covid-19 masih terus meningkat di seluruh dunia.

Angka kasus positif semakin meroket diiringi jumlah korban meninggal dunia yang juga bertambah.

Melansir dari Kompas.com, hingga Senin (13/4/2020) pagi, melansir data yang dikumpulkan oleh John Hopkins University, jumlah kasus virus corona yang telah dikonfirmasi di seluruh dunia adalah sebanyak 1.846.680 kasus.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 114.090 pasien atau 6,18 persen dari total kasus yang dikonfirmasi, meninggal dunia.

Baca Juga: 2 Tahun Selalu Terganggu dengan Suara Bising Aneh dari Dalam Tembok Rumahnya, Saat Dibongkar Pemilik Rumah Justru Dapati Hal Mengerikan ini

Beberapa orang bahkan bertanya-tanya apakah virus corona ini adalah musiman.

Ada pula orang yang percaya bahwa virus corona akan berhenti saat musim panas karena virusnya akan mati ketika terkena panas.

Oleh karenanya, banyak orang mempertanyakan apakah berada di ruangan AC bisa menyebabkan virus corona lebih mudah menyebar karena lembap.

Menanggapi pertanyaan tentang AC, Epidemologi Penyakit Infeksi di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM, Profesor Hari Kusnanto Josef buka suara melalui Ugm.ac.id, Kamis (9/4/2020).

Baca Juga: 4 Potret Cantik Putri Keluarga Konglomerat Tanoesoedibjo, Lulusan Universitas Luar Negeri, Bahkan Ada yang Ambil Double Degree

Hari melihat bahwa hingga saat ini, belum ada penelitian yang menunjukkan ruangan ber-AC bisa meningkatkan resiko persebaran Covid-19.

"Secara teoritis, itu mungkin saja, tetapi sampai sekarang, belum ada penelitian terkait dengan transmisi COVID-19 dari penggunaan AC," ungkap Heri dikutip dari Ugm.ac.id.

Source : NOVA

Editor : Linda Fitria

Baca Lainnya

Latest