Follow Us

Peneliti Banyak Temukan Pasien Positif Virus Corona Tanpa Gejala, Kira-kira Berapa Lama Covid-19 Bisa Menular pada Orang?

None - Selasa, 07 April 2020 | 10:55
Penumpang Transjakarta dan MRT diwajibkan untuk menggunakan masker per Minggu (12/04/2020) jika tidak ingin diusir   
Kompas.com/Garry Lotulung

Penumpang Transjakarta dan MRT diwajibkan untuk menggunakan masker per Minggu (12/04/2020) jika tidak ingin diusir  

GridHype.ID - Kian hari jumlah kasus infeksi virus corona terus meningkat.

Para peneliti masih terus berusaha keras untuk melakukan penelitian terhadap virus corona jenis baru.

Hal yang mendapat perhatian adalah fakta bahwa banyaknya kasus penularan dan infeksi virus corona tanpa disertainya gejala.

Dilansir dari Huffpost, dokter penyakit menular Penn Medicine dan Direktur Medis Penn Global Medicine di Pennsylvania, Stephen Gluckman, mengungkapkan, ada yang dinyatakan positif terifeksi virus corona, tetapi mereka tak merasakan gejala apa pun.

Baca Juga: Tak Hanya Lewat Zodiak, Kita Bisa Tahu Kepribadian Seseorang Hanya dari Buah Favoritnya, Loh!

Gejala terinfeksi virus corona di antaranya demam, batuk/pilek, dan sesak napas. Ada yang merasakan kehilangan indera perasa dan penciuman.

"Orang harus waspada untuk menghindari kontak dekat dengan orang lain dan tidak berasumsi bahwa hanya karena tidak merasakan sakit, bukan berarti Anda tidak membawa virus.

Kita harus sangat agresif dengan tindakan isolasi mandiri," kata Gluckman.

Ditemukannya penderita tanpa gejala atau sering disebut asimptomatik, membuat keberadaannya tak terdeteksi sementara mereka merupakan pembawa (carrier) virus corona.

"Ketika kita mendapatkan infeksi, seringkali ada spektrum dari kategori sangat sakit ke sakit sedang, sampai tidak sakit sama sekali," ujar Gluckman.

Meski belum diketahui berapa banyak orang yang merupakan pembawa virus tanpa gejala, hal terbaik yang dapat dilakukan saat ini adalah mengikuti rekomendasi untuk mencegah penularan virus corona.

Source : Kompas

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest