Follow Us

Mengejutkan! Peneliti Katakan Makan Cabai Minimalisir Serangan Jantung dan Stroke, Begini Penjelasannya

None, Nabila N C - Rabu, 01 April 2020 | 10:50
Cabai rawit
pixabay/Pete Linforth

Cabai rawit

GridHype.ID - Siapa yang tidak suka makan makanan pedas?

Jika kamu salah satu orang yang doyan makan pedas patut berbangga.

Terdapat fakta mengejutkan yang dilakukan oleh para peneliti.

Dilakukan di Italia, di mana cabai adalah bahan masakan yang umum dipakai, penelitian ini membandingkan risiko kematian pada 23 ribu orang.

Baca Juga: Apa Benar Telur Rebus Bisa Cegah Virus Corona? Begini Penjelasan Dokter

Beberapa di antaranya kerap makan cabai dan yang lain tidak.

Status kesehatan dan kebiasaan makan partisipan dipantau selama delapan tahun.

Hasil studi yang dipublikasikan pada Journal of American College of Cardiology tersebut, menunjukkan bahwa risiko kematian akibat serangan jantung 40% lebih rendah pada mereka yang mengonsumsi cabai setidaknya empat kali per minggu.

"Dengan kata lain, seseorang dapat mengikuti diet Mediterania yang sehat, tetapi bagi mereka semua cabai memiliki efek perlindungan," kata Marialaura Bonaccio, pemimpin penelitian sekaligus ahli epidemiologi di Mediterranean Neurological Institute (Neuromed).

Baca Juga: Pasien Sembuh dari Covid-19 Bagikan Pengalamannya pada Ganjar Pranowo : Tidak Ada Keluhan Tapi Rasanya Haus Terus

Licia Iacoviello, direktur departemen epidemiologi dan pencegahan di Neuromed yang juga seorang profesor di Universitas Insubria di Varese, menjelaskan bahwa khasiat cabai telah diturunkan melalui budaya makanan Italia.

"Dan sekarang, seperti yang telah diamati di Tiongkok dan di Amerika Serikat, kita tahu bahwa berbagai tanaman dari spesies capsicum--meskipun dikonsumsi dengan cara yang berbeda di seluruh dunia--dapat mengerahkan tindakan perlindungan terhadap kesehatan kita," kata Iacoviello.

Source : National Geographic

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest