Follow Us

700 Orang Terpanggang Hidup-hidup dalam Gereja yang Sengaja Dikunci, Inilah Pembantaian Mengerikan yang Didalangi Sebuah Kultus: Mereka Terbakar Tak Bisa Dikenali

None - Minggu, 22 Maret 2020 | 14:35
Dua puluh tahun kemudian, keberadaan (dari kiri ke kanan) Ursula Komuhangi, Credonia Mwerinde, Joseph Kibwetere dan Dominic Kataribabo tidak diketahui
BBC

Dua puluh tahun kemudian, keberadaan (dari kiri ke kanan) Ursula Komuhangi, Credonia Mwerinde, Joseph Kibwetere dan Dominic Kataribabo tidak diketahui

GridHype.ID - Dengan tegarnya Judith Ariho menceritakan kengerian kala itu.

Padahal di baliknya ketegarannya itu, Judith Ariho harus merasakan kesedihan mendalam.

Dilaporkan 700 orang meninggal termasuk ibu, dua saudara kandung dan empat kerabatnya ikut tewas dalam peristiwa pembataian di sebuah gereja.

Baca Juga: Lama Tak Muncul, Tegar Septian Pengamen yang Dulu Viral Bikin Heboh Netizen Lantaran Nikah di Usia Belasan, Begini Sosok Sang Istri

Dilansir dari BBC, Rabu (18/3/2020) tepat 20 tahun yang lalu, di distrik Kanungu, Uganda, Afrika, mereka dikunci di dalam sebuah gereja, dengan pintu dan jendela dipaku tertutup dari luar dan kemudian dibakar.

Dua dekade kemudian, kengerian acara ini masih terlalu mengerikan bagi Ariho, yang tampaknya hanya mampu mengatasi trauma dengan menutup diri dari emosi.

Mereka yang mati adalah anggota Gerakan Pemulihan Sepuluh Perintah Allah - kultus kiamat yang percaya bahwa dunia akan berakhir pada pergantian milenium.

"Akhir zaman sekarang", seperti yang diungkapkan oleh salah satu buku itu, datang dua setengah bulan kemudian, pada 17 Maret 2000.

Dua puluh tahun kemudian, tidak ada seorang pun yang dituntut sehubungan dengan pembantaian dan para pemimpin kultus, jika mereka masih hidup juga tidak pernah ditemukan.

Anna Kabeireho, yang masih tinggal di lereng bukit yang menghadap ke tanah yang dimiliki oleh sekte itu, tidak melupakan bau yang menyelimuti lembah itu pada Jumat pagi.

"Semuanya tertutup asap, jelaga, dan bau daging yang terbakar. Tampaknya langsung ke paru-parumu," kenangnya.

Source : Intisari

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest