Follow Us

Masih Banyak di Gunakan, ini Bahaya Membungkus Makanan dengan Koran, Bisa Sebabkan Penyakit Mematikan

None - Rabu, 26 Februari 2020 | 12:00
makanan di koran
tribunnews.com

makanan di koran

Gridhype.id-Ketika kamu membeli makanan, terutama bila kamu jajan di pinggir jalan, pernahkah Anda perhatikan apa yang dipakai untuk mengemas barang jajanan tersebut?

Dilansir laman Healthsite, Rabu (26/02/2020), makanan yang ditiriskan, disimpan atau dibungkus koran bisa menyebabkan kanker.

Ini lantaran koran dicetak menggunakan tinta yang mengandung logam berat Pb (timbal).

Penelitian menunjukkan tinta bisa meresap ke dalam makanan dan bila dikonsumsi berbahaya bagi paru-paru, ginjal, hormon, serta memicu kanker.

Baca Juga: Sering Dijadikan Cemilan dan Makanan Favorit, Gorengan Ternyata Berisiko Jadi Penyebab Kematian Dini, Sebaiknya Dikurangi

Sebenarnya tak cuma koran dan kertas bertinta, kertas khusus pembungkus makanan pun berbahaya bagi kesehatan.

Mengandung bahan kimia berbahaya Studi yang dipublikasi jurnal Environmental Science & Technology Letters menyatakan, kertas untuk pembungkus burger, nasi, sandwich, dan kentang, lalu kotak ayam goreng, dan kardus pizza mengandung bahan kimia sintetik.

Sementara itu, artikel Kompas.com menuliskan, sejumlah penelitian menemukan kertas pembungkus makanan mengandung bisphenol A ( BPA).

Baca Juga: Jangan Lagi Meniup Makanan dan Minuman Panas Saat Memakanya, Berpotensi Terkena Penyakit Mematikan ini

Bahan kimia ini diyakini berbahaya bagi tubuh.

Diberitakan WebMD, Kurunthachalam Kannan, seorang ilmuwan riset di New York State Department of Health menjelaskan, kandungan BPA pada kertas pembungkus makanan sangatlah tinggi.

Source : Kompas.com, Sajian Sedap

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest