Follow Us

Kabar Gembira bagi Kalian yang Hobi Rebahan, Sebuah Studi Temukan Jika Berat Badan Lebih Banyak Turun Saat Tidur daripada Saat Kita Berolahraga

None - Sabtu, 15 Februari 2020 | 12:35
Posisi tidur dengan kedua tangan terangkat
dailyburn.com

Posisi tidur dengan kedua tangan terangkat

Gridhype.ID - Bagi kamu yang sedang menjalani program diet tentu olahraga menjadi pilihan aktivitas rutin.

Ada hal yang menarik loh terkait tidur dan olahraga.

Ya, dua olahraga ini terasa bertolak belakang.

Baca Juga: Nekat Bongkar Makam dan Ambil Kepala Mayat Tetangganya, ini yang Dilakukan Sang Pencuri Terhadap Potongan Kepala Tersebut

Seorang dokter spesialis ahli tidur telah menyelesaikan studinya dalam mengamati hubungan tidur dengan persentase lemak di dalam tubuh seseorang.

Adalah dokter Guy Meadow yang menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari tujuh jam semalam memiliki persentase lemak tubuh yang lebih tinggi daripada mereka yang tidur malam penuh.

Dia menjelaskan ada hubungan antara kurang tidur dan persentase lemak tubuh yang lebih tinggi.

“Tidur kurang dari 7-8 jam per malam terkait dengan persen lemak tubuh yang lebih tinggi,"katanya pada Cosmopolitan (09/02/20).

“Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rata-rata hanya tidur enam jam per malam 27% lebih cenderung kelebihan berat badan. Mereka yang rata-rata tidur lima jam per malam adalah 73% lebih cenderung kelebihan berat badan."

Tanpa istirahat yang cukup hormon leptin dan ghrelin, yang menjadi hormon di belakang rasa lapar dan kenyang, menjadi tidak seimbang. Dampaknya, kita mungkin menginginkan lebih banyak makanan dan terutama makanan manis.

Meadow kemudian menunjukkan tautan antara keinginan minum minuman bersoda dengan produksi grehlin yang kacau akibat kurang tidur.

Source : GridHealth.ID

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest