Follow Us

Dikenal sebagai Bos Gangster yang Banting Setir Jadi Pendakwah, Kisah Hidup Penuh Makna dari Johny Indo: Kita Perbaiki Hidup Kita, Mulai dari Diri Sendiri

None - Sabtu, 01 Februari 2020 | 13:14
Johny Indo
Tribunnews

Johny Indo

GridHype.ID - Perjalanan hidup seseorang tak ada yang tahu.

Adakalanya seseorang harus terjerumus pada kehidupan kelam sebelum akhirnya bisa terbebas dan menginspirasi banyak orang.

Adalah Yohanes Herbertus Eijkenboom atau populer dengan sebutan "Jhony Indo", perampok legendaris di Jakarta yang kini justru mampu menginspriasi banyak orang.

Baca Juga: Setelah 100 Tahun Perampok ini Dipenjara, Hasil Rampokannya yang Terakhir Dibuka dari Dalam Kotak, Bukan Emas Justru Barang Tak Berharga ini yang Ditemukan

Kisah perjalanan hidupnya terus dituturkan banyak orang agar mereka mampu belajar dari pengalamannya.

Ia bersama komplotannya dalam gangster Pachinko (Pasukan China Kota) sempat membuat geger karena kerap melakukan aksi perampokan terhadap orang-orang kaya asing di Indonesia.

Saat ini, jauh setelah hidupnya berubah, Jhony berbagi dengan 30 bekas warga binaan Lembaga Pemasyarakatan di Bengkulu, Rabu (3/9/2014).

"Saat itu yang menjadi target rampok saya adalah orang-orang kaya asing di Indonesia.

Mereka juga banyak mengambil harta dari Indonesia, makanya saya rampokin dan uangnya saya bagi-bagikan ke masyarakat miskin," katanya dalam sebuah acara yang digelar Kementerian Sosial RI.

Selama melangsungkan aksinya merampok emas pada akhir tahun 1970 hingga awal 1980, dia telah mengumpulkan 129 kilogram emas yang semuanya dibagikan kepada masyarakat miskin.

Kehadiran Jhony Indo dan gangster Pachinko itu tentu saja menjadi target dari kepolisian yang saat itu masih bersatu dengan ABRI.

Source : Kompas.com

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest