Follow Us

Jakarta Diprediksi Tenggelam Pada 2050, 2 Pulau di Sumatera ini Bahkan Sudah Tenggelam dan 4 Lainnya Terancam Juga

None - Minggu, 19 Januari 2020 | 12:05
Ilustrasi pulau
Pexels/ Asad Photo Maldives

Ilustrasi pulau

Gridhype.id - Dampak dari perubahan iklim di Indonesia mulai terlihat.

Melansir dari The Star, dua pulau di Sumatra dilaporkan telah tenggelam akibat naiknya permukaan air laut sebagai dampak dari perubahan iklim.

Menurut data dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), dua pulau yang dimaksud, Betet dan Gundul, telah terendam pada kedalaman 1m dan 3m di bawah permukaan laut.

Baca Juga: Jadi Buronan CIA, Berikut Kegilaan Pablo Escobar Raja Narkoba Kaya Raya yang Bakar Uang Sebagai Bahan Bakar Pengahangat Putrinya

“Pulau-pulau ini tidak berpenghuni. Salah satu pulau, Betet, adalah bagian dari Taman Nasional Berbak-Sembilang,” ujar direktur eksekutif Walhi Sumatra Selatan, Hairul Sobri.

Jika kenaikan permukaan laut terus berlanjut, maka empat pulau lainnya, yaitu Pulau Burung, Pulau Kalong, Pulau Salah Namo dan Pulau Kramat, akan kena dampak selanjutnya karena berada di kisaran 0m sampai 3m di atas permukaan laut.

Saat ini, ada 23 pulau kecil di pantai timur Banyuasin, Sumatra Selatan dan beberapa di antaranya, termasuk Pulau Salah Namo yang hampir tenggelam, masih dihuni orang.

Baca Juga: Coba Bernapas Sambil Menyentuh Langit-Langit Mulut Dengan Lidah, dan Rasakan Manfaat yang Luar Biasa Berikut ini

Kepala unit lingkungan di Pulau Salah Namo, Syahrul, mengatakan bahwa mereka sudah menyadari naiknya permukaan laut dan adanya risiko pulau itu akan terendam.

Para penduduk pun mulai memindahkan rumah mereka jauh dari tempat awal rumah mereka dibangun.

Syahrul menambahkan bahwa awalnya ada lahan besar di depan rumah-rumah penduduk di mana mereka dapat melakukan sejumlah kegiatan, tapi segalanya telah berubah sekarang.

Baca Juga: Berhasil Terkam Kamera NASA, Berikut 7 Penampakan Luar Angkasa yang Misterius

Source : intisari online

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest