Follow Us

54 Tahun Berlalu, Mengenang 7Jendral yang Diculik dan Dihabisi Oleh PKI Seperti ini Proses Penemuan Jasad Mereka yang Dipaksa Masuk dalam 1 Lubang

None - Selasa, 01 Oktober 2019 | 11:35
54 Tahun Silam Berlalu, Mengenang 7Jendral yang Diculik dan Dihabisi Oleh PKI Seperti ini Proses Penemuan Jasad Mereka
IST via Tribunjogja.com

54 Tahun Silam Berlalu, Mengenang 7Jendral yang Diculik dan Dihabisi Oleh PKI Seperti ini Proses Penemuan Jasad Mereka

Gridhype.id – 54 tahun silam tepat pada 30 September 1965 tragedi kelam dalam sejarah Indonesia dilakukan oleh oknum pengkhianat negara.

Tragedi berdarah tersebut kini dikenal dengan sebutan G30S/PKI.

Dalam tragedi mengerikan tersebut, sedikitnya ada 10 nama yang menjadi korban tewas, termasuk 6 jenderal dan seorang perwira.

Selain tujuh jenderal TNI di atas, PKI juga menghabisi sejumlah anggota TNI dan Polri lain seperti AIP Karel Satsuit Tubu, Kapten Pierre Tendean, dan Kolonel Sugiono.

Baca Juga: Sering Dianggap Menjijikan, Rupanya Cicak Jadi Makanan Khas di Negara ini, Mulai dari Dipanggang Hingga Direbus

Kita sekarang mengenang 10 korban peristiwa G30S/PKI tersebut sebagai Pahlawan Revolusi.

Bahkan, putri jenderal TNI AH Nasution, Ade Irma Suryani Nasution juga harus tewas karena ditembak PKI.

Gugurnya beberapa tentara saat gerakan 30 September alias G30S/PKI membuat presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno menjadi bersedih.

Kesedihan Presiden Soekarno atas korban G30S/PKI diungkap dalam buku bertajuk 'Maulwi Saelan Penjaga Terakhir Soekarno', Penerbit Buku Kompas 2014.

Maulwi yang merupakan pengawal pribadi Bung Karno, mengatakan kalau presiden Soekarno sangat sedih sekali atas nasib yang menimpa para jenderal TNI yang diculik.

Baca Juga: Bagikan Pengalaman Syuting Bareng Hanung Bramantyo, Melly Goeslaw Ngaku Sempat Dimarahi dan Diteriaki sang Sutradara

Source : Surya

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest