Jangan sampai Salah, Ternyata Segini Durasi Tidur Siang yang Ideal

Jumat, 13 Januari 2023 | 12:00
Freepik

Berapa lama durasi tidur siang yang baik?

GridHype.ID -Siapa sih yang tak suka tidur siang?

Mungkin hampir semua orang suka atau bahkan sering tidur siang ya.

Meski begitu, apakah kamu tahu berapa lama durasi tidur siang yang baik?

Kalau belum tahu, sebaiknya simak penjelasan berikut ini sampai selesai.

Sebagai informasi, tidur siang ternyata terbukti bermanfaat memulihkan energi dan menghilangkan lelah.

Namun, ahli menyarankan agar waktu tidur siang tidak terlalu lama.

Tidur siang dengan waktu yang cukup, tidak terlalu lama, dapat membuat tubuh terasa segar dan siap kembali memulai aktivitas.

Lantas, berapa lama waktu tidur siang yang sehat dan dianjurkan?

Seperti dikutip dari Live Science, Rabu (11/1/2023), manfaat tidur siang dapat memulihkan tubuh dari kelelahan.

Namun, menurut Morgan, profesor psikologi emeritus Loughborough University, Inggris, tidur siang dapat memberikan efek yang berbeda pada setiap orang, tergantung dari tujuan orang melakukan tidur siang.

Misalnya, pada saat seseorang merasa lelah karena kurang tidur di malam hari, maka tidur siang bisa berguna bagi kesehatan.

Baca Juga: Sudah Pasti Lupa Ketika Bangun Tidur, Ternyata Begini Cara Mudah Mengingat Mimpi

Morgan menyebutnya sebagai 'nafsu makan siang', dan di sisi lain sebagai 'tidur siang kompensasi', yakni saat seseorang kurang tidur, maka aktivitas tersebut akan dapat membantu mengkalibrasi ulang tingkat molekul yang disebut adenosin.

Sebab, tingkat adenosin yang lebih rendah akan meningkatkan kewaspadaan, sementara tingkat adenosin yang lebih tinggi akan dapat meningkatkan rasa kantuk.

Hans Van Dongen, direktur Sleep and Performance Research Center Washington State University, mengatakan bahwa beberapa tidur siang memberikan manfaat, namun di sisi lain efek tidur siang juga dapat membuat orang merasa jauh lebih segar.

Kondisi ini dikenal sebagai inersia tidur, yakni keadaan fisiologis gangguan kinerja kognitif yang dapat terjadi segera setelah tidur malam dan tidur siang.

"Gangguan sementara, disorientasi, dan berkurangnya kewaspadaan dapat terjadi setelah bangun dari periode tidur apa pun, dan membutuhkan waktu, biasanya sekitar 15 menit, untuk menghilang," kata Van Dongen.

Ia menambahkan bahwa biasanya bukan masalah ketika orang punya waktu untuk membiarkan inersia tidur berlalu, namun ini bisa menjadi masalah pada orang yang sedang menelepon atau perlu waspada secara optimal segera setelah bangun, yang sering kali terjadi pada orang yang tidur siang.

Morgan menambahkan, bagi orang yang memiliki gangguan tidur seperti insominia kronis, inersia tidur dapat memperburuk gejala dan tidak direkomendasikan pada mereka untuk tidur siang.

Sementara bagi mereka yang tidak mengalami insomnia kronis, waktu tidur siang kurang dari 30 menit, cenderung dapat menyebabkan inersia tidur.

Ketika seseorang tidur selama lebih dari 30 menit, mereka cenderung memasuki tahap tidur yang lebih dalam, ungkap Psikolog kesehatan dari Sleep Healt Foundation, Moira Junge.

Sama halnya dengan efek inersia tidur, bangun tidur selama tahap ini dapat membuat orang merasa pening atau pusing, mengantuk, atau bahkan bingung.

Waktu tidur siang yangbaik

Baca Juga: Jadi Misteri, Ternyata Ini Penyebab Kita Kerap Lupa Isi Mimpi

Jadi, Junge menyarankan, waktu tidur siang ideal yang disarankan adalah selama 20 menit atau lebih, sebelum pukul 15.00.

Durasi tidur siang ini pun juga akan dapat memengaruhi tidur malam hari.

Kendati demikian, waktu tidur siang selama 30 menit atau kurang, bukanlah sesuatu yang sulit dan cepat.

"Dalam beberapa kasus, tidur siang lebih lama sekitar 1,5 jam juga bisa bermanfaat," kata Junge.

Pasalnya, dengan durasi waktu tidur siang selama itu dapat memungkinkan tubuh untuk melewati tahapan tidur dan menghindari gangguan tidur nyenyak.

Jenis tidur siang yang lebih lama ini mungkin sangat membantu pekerja darurat dan pekerja shift yang berusaha menghindari kelelahan dan harus mengatasi berkurangnya kesempatan untuk bisa tidur cukup.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berapa Lama Waktu Tidur Siang yang Ideal?"

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Tidak Mengantuk Setelah Begadang Semalaman, Aktivitas Siang Hari Dijamin Aman

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya