Dikonfrontasi Hakim, Keboohongan Putri Candrawathi Diungkap Bharada E Sebut Istri Ferdy Sambo Terlibat, Benda ini Jadi Petunjuknya

Selasa, 13 Desember 2022 | 13:30
kolase foto KOMPAS.com / IRFAN KAMIL

Putri Candrawathi

GridHype.ID - Kasus hukum penembakan Brigadir J masih berjalan prosesnya hingga kini.

Apalagi beberapa waktu lalu pengakuan Putri Candrawathi dinilai berbohong.

Sampai hakim pun meragukan pengakuan dari istri Ferdy Sambo tersebut yang menyebut Brigadi J melakukan kekerasan seksual padanya.

Melansir dari Kompas.com, perihal ini dikonfrontasi hakim saat Putri hadir sebagai saksi dalam sidang pembunuhan berencana Brigadir J dengan terdakwa Richard Eliezer atau Bharada, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf di PN Jaksel, Senin (12/12/2022).

Hakim lantas bertanya, apakah Putri mengetahui syarat-syarat anggota Polri yang meninggal dimakamkan secara kedinasan. Putri mengaku, dirinya tak tahu persis soal itu.

Hakim Wahyu lantas menjelaskan bahwa untuk dimakamkan secara kehormatan, seorang anggota Polri tak boleh memiliki catatan buruk sepanjang kariernya.

Menurut hakim, keterangan Putri soal kekerasan seksual menjadi tak selaras karena almarhum Yosua dimakamkan secara kedinasan.

“Faktanya almarhum Yosua kemudian dimakamkan dengan kebesaran dari kepolisian,” ujar hakim Wahyu.

"Kalau seandainya dia seperti yang saudara sampaikan tadi, (Yosua) melakukan pelecehan seksual ke saudara, tentunya dia tidak akan mendapatkan hal itu, itu yang pertama” lanjutnya.

Sementara itu, melansir dari Tribunnewsmaker.com, kebohongan Putri Candrawathi terbongkar dalam sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Senin (12/12/2022).

Baca Juga: Tak Kuasa Bendung Air Matanya Ketika Bertemu dengan Keluarga Brigadi J, Richard Eliezer Janjikan Hal ini : Saya Siap Bela Bang Yos

Istri Ferdy Sambo ini tak bisa berkutik saat kebohongannya dibongkar Bharada E di depan majelis hakim.

Keterlibatan Putri Candrawathi kini semakin jelas terbukti dengan adanya barang bukti baru.

Ya, gelang milik Putri Candrawathi ternyata kini menjadi petunjuk baru.

Pada sidang tersebut, hakim sempat mendalami soal pemberian uang dan HP kepada ajudan usai pembunuhan Brigadir J.

Adapun HP yang diserahkan merupakan smartphone iPhone yang memiliki harga belasan juta rupiah.

Sementara uang yang dijanjikan akan diserahkan kepada Richard adalah Rp 1 miliar, serta untuk Kuat Maruf dan Ricky Rizal masing-masing Rp 500 juta.

Namun Putri Candrawati membantah adanya pemberian itu dari dirinya, dan mengatakan tidak tahu-menahu soal uang dan iPhone tersebut.

Tanpa dia sadari, ternyata ada yang memotret aksinya saat memberikan uang dan ponsel itu di lantai dua rumah Saguling, Jakarta Selatan.

Terlihat Putri Candrawati termenung ketika pengacara Bharada Richard Eliezer, Ronny Talapessy, menunjukkan sebuah foto di HP.

Foto itu ternyata berisi tangkapan kamera Putri Candrawati berada di lokasi saat bagi-bagi HP dan uang kepada Ricky, Kuat Maruf, dan Bharada E.

Penyerahan dilakukan pada 10 Juli 2022 sekitar pukul 23.30 WIB. Tak cukup jelas wajah yang terpampang di sana.

Baca Juga: Kamaruddin Simanjuntak Tanpa Tedeng Aling-aling Pertanyakan Organ Kewanitaan Istri Ferdy Sambo dan Bongkar Deretan Dosa Putri Candrawathi

Namun identitas cukup menjelaskan yang ada di gambar itu adalah Ferdy Sambo dan Putri Candrawati.

Salah satu yang terlihat dari Putri adalah gelang yang dipakainya, yang juga digunakannya di persidangan.

Sebelum menunjukkan foto itu kepada majelis hakim, Ronny sempat tanya soal sudah berapa lama Putri Candrawati menggunakan gelang tersebut.

Istri Ferdy Sambo itu menyebut tidak ingat persis, tapi dipastikannya telah lebih dari satu tahun.

Handphone yang mengambil gambar tersebut merupakan milik Bharada Richard Eliezer, yang tidak ikut disita penyidik.

HP tersebut sempat diamankan tapi kemudian dikembalikan ke orang tua Richard Eliezer di Mako Brimob.

"Saudara saksi (Putri Candrawati) ada di lantai 2 terkait pemberian uang dan HP," ungkap Ronny.

Baca Juga: Fakta Terbaru Sidang Perdana Ferdy Sambo, Setelah Penembakan Brigadir J, Siapa Sangka Ada Seseorang Todongkan Pistol ke Suami Putri Chandrawathi

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Tribunnewsmaker.com, KOMPAS.com

Baca Lainnya