Aneka Tips Kesehatan, DIjamin Aman dan Sesuai Anjuran, Ini Dia Sederet Obat Asam Urat yang Tersedia di Apotek

Selasa, 13 Desember 2022 | 08:15
Pixabay/qimono

Aneka tips kesehatan, inilah pilihan obat asam urat yang aman dan sesuai anjuran.

GridHype.ID -Aneka tips kesehatan ini perlu diketahui oleh kamu semua, terutama bagi kamu yang termasuk penderita asam urat.

Pasalnya, aneka tips kesehatan kali ini akan membagikan sederet pilihan obat asam urat yang aman dan sesuai anjuran.

Selain itu, pilihan obat asam urat ini juga tersedia di apotek.

Yuk kita simak bersama aneka tips kesehatan yang dikutip dari GridHealth.ID berikut ini.

Obat asam urat di apotek jadi salah satu solusi untuk mengurangi masalah serius ini.

Penyakit asam urat ditandai dengan nyeri, pembengkakan, dan kemerahan pada sendi.

Kondisi ini terjadi akibat tingginya kadar asam urat dalam darah yang kemudian mengkristal di bagian sendi.

Biasanya sendi jempol kaki, tetapi bisa juga di lutut, pergelangan kaki, bahkan jari-jari tangan.

Agar tidak semakin parah dan menyebabkan komplikasi, asam urat ini perlu diobati.

Salah satunya dengan obat asam urat di apotek yang bisa didapat sesuai anjuran dan jelas aman.

Pengobatan asam urat termasuk ke dalam jenis pengobatan yang digunakan untuk mengobati serangan akut dan mencegah komplikasi dari asam urat.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Penderita Asam Urat Dilarang Makan Makanan Enak Ini, Apa Saja?

Selain itu, obat-obatan yang dipilih biasanya digunakan untuk mencegah kambuhnya asam urat, baik dengan cara memblokir produksi asam urat atau meningkatkan pembuangannya.

Kandungan ini dipilih karena asam urat memiliki kekhasan dalam penyakitnya yaitu rasa sakit yang cenderung tiba-tiba (akut) dan mencapai puncaknya dalam empat hingga 12 jam, dengan episode pertama umumnya sembuh dalam beberapa hari.

Ciri lainnya, serangan asam urat ke depannya akan cenderung berlangsung lebih lama dan lebih banyak persendian yang terkena.

Obat asam urat akan terfokus dengan kandungan khusus yang tersedia dalam berbagai merk dan sesuai dengan gejala yang ingin diobati, seperti kandungan alopurinol, febuxostat, kolkisin, kortikosteroid, ibuprofen, kalium diklofenak, ketoprofen, celecoxib, dan probenecid.

Berikut ini, ada 7 pilihan obat asam urat yang dijual di apotek dan jelas aman.

Profenid (kandungan keptoprofen) (Rp 23.725/strip)

Obat asam urat ini untuk nyeri dan peradangan akibat asam urat, cedera, dan setelah operasi dengan bekerja menghambat enzim prostaglandin.

Tidak cocok untuk alergi keptoprofen, pasien gangguan jantung, asma, urtikaria, wanita hamil trimester akhir, gangguan ginjal dan hati, gangguan jantung, dan retensi cairan.

Probenid (kandungan probenecid) (Rp 25.000 - Rp 325.000)

Kandungan probenecid digunakan untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah dan cegah radang sendi, sebagai obat jangka panjang.

Tidak cocok untuk alergi probenecid, anak di bawah dua tahun, pengidap batu ginjal, anemia, gangguan ginjal, tukak lambung, pasien kanker, konsumsi obat atau suplemen.

Baca Juga: Diet Purin Ampuh Atasi Risiko Asam Urat yang Menyerang Sendi, Dijamin Nyeri Tak Datang Lagi

Aclonac (kandungan kalium diklofenak) (Rp 35.698/tabung 20 gr)

Kalium diklofenak juga termasuk obat NSAID untuk membantu mengobati nyeri ringan hingga sedang, pengapuran tulang, dan sakit gigi.

Tidak cocok untuk pasien pendarahan, ulserasi, gangguan kardiovaskular, hipertensi, retensi cairan, gagal jantung, tukak lambung, gangguan hati dan ginjal, ibu hamil dan menyusui, lansia.

Methylprednisolone (kandungan kortikosteroid) (Rp 6.000 - Rp 93.000)

Dalam obat dengan kandungan ini terdapat hormon steroid yang berperan untuk meredakan peradangan atau inflamasi dan menekan sisitem kekebalan tubuh berlebih.

Cocok untuk asam urat, rematik, penyakit radang sendi lainnya dan gangguan sistem imun, tidak cocok untuk pengidap infeksi fungsi sistemik, insufisiensi ginjal, gangguan tiroid, gagal jantung, risiko osteoporosis, dan hipertensi.

Kolton (kandungan alopurinol) (Rp 54.000/ 100 mg 3 Strip (10 Tablet/Strip)

Kerja dari obat asam urat dengan nama dagang Kolton ini digunakan untuk menghambat enzim xanthine oksidase, mencegah asam urat kronis, sindrom lisis tumor, dan batu ginjal.

Diminum setelah makan, tidak untuk hipersensitivitas, gangguan kulit dan jaringan subkutan, gangguan gastrointestinal, mengantuk, dan sakit kepala.

Recolfar (kandungan kolkisin) (Rp 83.370/strip 0,5mg)

Obat asam urat ini cenderung mengobati dan mencegah asam urat yang terlalu banyak kadarnya dalam darah dengan menekan sel darah putih ke area peradangan sehingga meredakan radang sendi dan nyeri.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Diet Purin Ternyata Baik untuk Penderita Asam Urat loh

Bukan obat penghilang rasa sakit dan tidak cocok untuk alergi kolkisin, gangguan hati, hemodialisis (cuci darah), riwayat penyakit hati/ginjal, gangguan pencernaan, jantung, dan lansia. (Rp 83.370/strip 0,5mg)

Celebrax (kandungan celecoxib) (Rp 176.800 - Rp 578.500)

Obat ini tergolong obat NSAID yang digunakan untuk mengatasi gejala nyeri dan peradangan pada sendi, penderita maag harus hati-hati.

Tidak cocok untuk alergi celecoxib dan sulphonamide, alergi aspirin, riwayat asma, anak-anak di bawah dua tahun, risiko serangan jantung dan stroke, pendarahan saluran pencernaan, alergi aspirin, hepatitis kronis, gagal jantung, dan asma.

Selain mengonsumsi obat asam urat di apotek, pengidap juga perlu menjaga pola hidup sehat.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang rendah purin.

Jika tak ada perubahan, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Artikel ini telah tayang di GridHealth.ID dengan judul "7 Pilihan Obat Asam Urat yang Dijual di Apotek, Aman Sesuai Anjuran"

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Minuman Murah Ini Ternyata Ampuh Obati Asam Urat, Apa Saja?

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : GridHealth.ID

Baca Lainnya