Tak Selamanya Menyehatkan, Teh Hijau yang Jadi Andalan Ternyata Pantang Dikonsumsi Orang dengan Kondisi Ini, Efeknya Bisa Fatal Banget

Kamis, 14 Juli 2022 | 19:30
Shutterstock

Manfaat teh hijau

GridHype.ID - Manfaat teh hijau untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Pasalnya, sejak dulu teh hijau sudah dimanfaatkan dalam dunia kesehatan berkat kandungan nutrisinya.

Melansir Alodokter.com, teh hijau menyimpan beragam nutrisi antioksidan, antiradang, dan antikanker yang baik untuk kesehatan.

Seperti misalnya, sebuah riset menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL).

Selain itu, teh hijau juga mengandung asam fenolik, yang dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

Polifenol dalam teh hijau juga dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker kulit, kanker paru-paru, kanker lambung, dan kanker payudara.

Teh hijau juga dipercaya mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak, terutama lemak di bagian perut sehingga dapat menurunkan berat badan.

Sayangnya, tidak semua orang bisa mengonsumsi teh hijau untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Pasalnya,teh hijau dapat memicu beberapa bahaya jika salah dikonsumsi.

Baca Juga: Selama Ini Cuma Tahu Jadi Bahan Baku Pempek, Siapa Sangka Ikan Jenis Ini Ternyat Diam-diam Menyimpan Segudang Manfaat bagi Kesehatan loh, Buruan Cek Sekarang

Mengutip Nakita.ID dari WebMD, teh hijau berbahaya jika dikonsumsi orang dengan kondisi seperti ini.

1. Sakit kepala

Teh hijau sebaiknya tidak dikonsumsi ketika sakit kepala, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Kafein yang terkandung di dalam teh hijau dapat memperparah kondisi sakit kepala.

2. Gastrointestinal dan neurologis

Minum teh hijau secara berlebihan, itu dapat memberikan efek buruk karena kandungan kafein dan polifenol antioksidan.

Hal ini umumnya disebut-sebut baik untuk berbagai kondisi kesehatan, terutama pencegahan kanker dan gangguan kardiovaskular.

Aman bagi sebagian orang jika mereka mengonsumsi setidaknya dosis 1g / meter persegi, yang termasuk tiga kali sehari.

Namun jika sesuai lebih dari 7 hingga 8 cangkir (24 ons) teh hijau dikonsumsi tiga kali sehari, maka itu dapat memiliki efek samping yang berhubungan dengan masalah gastrointestinal dan neurologis.

Baca Juga: Selama ini Dikira Sehat Tapi Ternyata Berujung Bawa Petaka, Ternyata Masak Telur dengan Campuran Daun Bawang Bawa Efek Mengancam ini bagi Kesehatan

3. Masalah sulit tidur

Jangan pernah minum teh hijau sebelum waktu tidur, karena kandungan kafein akan menginduksi tidur di otak dan dengan demikian akan membuat Anda waspada dan fokus.

Teh hijau memiliki asam amino L-theanine, yang dikatakan dapat menenangkan dan membantu berkonsentrasi lebih baik, namun itu akan berpengaruh pada gangguan tidur.

4. Asam lambung

Pasien yang menderita tukak lambung atau asam lambung harus melewatkan minum teh hijau, karena itu akan merangsang asam lambung.

5. Diabetes

Orang yang menderita diabetes harus menghindari terlalu banyak teh hijau karena dapat mengganggu kontrol gula darah.

Pasien dengan diabetes tipe 2 juga tidak boleh minum teh hijau, karena dapat menyebabkan gangguan pada tingkat insulin Anda.

Baca Juga: Berkaca dari Rini S Bon Bon yang Nyaris Kehilangan Kakinya karena Diabetes, Ketahui Cara Terbaik agar Penyakit Keturunan Ini Tak Semakin Parah

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Nakita.ID, Alodokter.com

Baca Lainnya