Jangan Sampai Baru Tahu, Cara Membersihkan Daging Kurban Ternyata Bukan dengan Air Mengalir, Cukup Pakai 2 Bahan Alami Ini

Jumat, 08 Juli 2022 | 11:15
Pixabay

ilustrasi daging kambing

GridHype.ID - Sebentar lagi hari raya Idul Adha, jangan sampai Anda tak tahu cara membersihkan daging kurban yang benar.

Pasalnya, cara membersihkan daging kurban tidak boleh sembarang.

Terlebih kebanyakan orang salah kaprah soal cara membersihkan daging kurban.

Sebab, biasanya orang akan mencuci daging kurban dengan air mengalir.

Padahal, cara yang seperti ini ternyata salah besar loh.

Melansir Nakita.ID, mencuci daging mentah dengan air mengalir rupanya dapat membahayakan nyawa seisi rumah.

Ya, mencuci daging mentah dengan air mengalir dapat memindahkan bakteri dan virus dari permukaan daging ke makanan maupun peralatan memasak.

Apabila ingin membersihkan daging kurban, pastikan Anda menggunakan cara yang tepat.

Lantas, bagaimana cara membersihkan daging kurban yang benar? Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Kuncinya Cuma Pakai 1 Bahan Murah Meriah Ini, Ternyata Begini Cara Hilangkan Bau pada Daging Kambing, Dijamin Bikin Emak-emak Sujud Syukur

Melansir dari Healthline, daging mentah, unggas, dan ikan dapat terkontaminasi bakteri dan virus berbahaya yang menyebabkan keracunan makanan.

Patogen bawaan makanan yang umum termasuk bakteri Salmonella, Listeria, Campylobacter, dan E. coli, ditambah virus norovirus dan hepatitis A akan menyebabkan keracunan makanan.

Nah, perlu Anda ketahui kalau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah memperingatkan bahwamembersihkan daging kurban dengan air mengalir tidak menghilangkan patogen bawaan makanan.

Faktanya, mencuci daging menggunakan air mengalir justru dapat menimbulkan risiko keamanan dan kesehatan makanan tambahan dengan menyebarkan bakteri ke permukaan lain dan makanan yang akan dimakan mentah, seperti buah atau salad.

Tak hanya itu, menggosok permukaan memasak atau wastafel dengan air sabun juga tidak serta merta menghilangkan patogen ini.

Hal tersebut bahkan dapat meningkatkan risiko keracunan makanan atau terjadinya pembusukan makanan.

Namun, satu penelitian menemukan bahwa daging sapi yang direbus pada suhu 140 °F (60°C) selama 4 menit, atau menyemprotkannya dengan air 180 °F (82 °C) diikuti dengan semprotan asam laktat, mengurangi pertumbuhan bakteri pada permukaan daging.

Studi tambahan menunjukkan bahwa mencuci permukaan daging dengan larutan asam mampu mengurangi jumlah bakteri pada daging mentah, dibandingkan dengan mencuci dengan air biasa.

Karena itu, sebaiknya hindari membersihkan daging kurban di bawah air mengalir. Lantas, kalau bukan pakai air mengalir, daging dibersihkan dengan apa?

Baca Juga: Gak Kalah Empuk Sama Daging yang Dibeli di Restoran Mahal, Ternyata Kunci Cuma Gunakan Cara Ini,Dijamin Tak Alot

Cuka putih

Bahan memasak dan pembersih yang umum ini merupakan salah satu asam paling umum untuk mencuci daging.

Dengan kandungan asam asetat, cuka putih telah terbukti mengurangi volume dan pertumbuhan bakteri pada permukaan daging sapi, ayam, dan bebek.

Jus lemon atau jeruk nipis

Dua jenis minuman ini tidak hanya dapat melepaskan dahaga, tetapi juga mampu mengurangi bakteri pada daging dan mempertahankan rasa daging yang dimasak.

Namun, belum diketahui juga apakah asam ini dapat menghancurkan virus bawaan makanan.

Maka dari itu, menurut CDC, cara terbaik dan efektif membunuh kuman berbahaya adalah masak semua daging secara menyeluruh.

Baca Juga: Kemenag Sudah Tetapkan Hari Raya Idul Adha pada Minggu 10 Juli 2022, Simak Apa Saja Ide Olahan Daging Korban Tanpa Santan

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Nakita.ID

Baca Lainnya