Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Setelah Pencarian Seminggu Lebih di Sungai Aare, Kini Sudah Dinyatakan Eril Meninggal Dunia, Istri Ridwan Kamil: Mamah Lepaskan Kamu...

Jumat, 03 Juni 2022 | 10:00
Instagram

Sudah dinyatakan Eril meninggal dunia, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya pulang ke Indonesia!

GridHype.ID -Kabar tak mengenakan kembali datang dari keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril dinyatakan hilang di Sungai Aare, Swiss (26/5/2022).

Pencarian Eril pun terus dilakukan namun tak kunjung membuahkan hasil yang diharapkan.

Setelahpencarian seminggu lebih di Sungai Aare, Swiss,kini sudah dinyatakan Emmeril Kahn Mumtadz meninggal dunia.

Melansir dari GridFame.ID, Eril dinyatakan meninggal dunia karena tenggelam.

Keputusan Eril dinyatakan meninggal dunia ini, setelah pemerintah kota Bern, Swiss dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan korban telah wafat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Swiss menyampaikan bahwa otoritas setempat sudah mengubah status pencarian Eril.

Adapun status yang dimaksud yaitu dari sebelumnya 'pencarian orang hilang' (missing person) menjadi 'mencari orang yang tenggelam' (drowned person).

Dengan demikian, maka hal tersebut mengisyaratkan bahwa orang yang dicari dimungkinkan sudah meninggal dunia.

Baca Juga: 'Kaya Kutukan', Netizen Meradang Sampai Minta Denny Sumargo Berhenti Buat Podcast, Ternyata Sempat Undang Ridwan Kamil Bahas Soal Anak

Hal tersebut juga dipertegas oleh keterangan keluarga Ridwan Kamil.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun," kata Willy Aditya, paman dari Emmeril Khan Mumtadz, di Jakarta pada Jumat (3/6/2022) dini hari.

Atalia Praratya pun berusaha tegar dengan menuliskan kalimat berpamitan untuk sang anak tercinta.

"Eril kini sudah dinyatakan wafat karena tenggelam. Terimakasih atas semoa doa, harapan dan dukungan kawan-kawan selama masa pencarian keponakan kami," kata Willy kepada KOMPAS TV.

Willy mewakili keluarga Ridwan Kamil tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya, dan warga Jawa Barat pada khususnya yang telah mendoakan korban.

Termasuk memberikan dukungan kepada keluarga, khususnya untuk kedua orang tua korban yang tak pernah lelah mencari keberadaan eril di sungai Aare, Swiss.

Willy pun mengajak kepada masyarakat muslim di Tanah Air untuk menggelar Shalat Ghaib setelah melakukan ibadah Shalat Jumat.

"Jika berkenan besok setelah sholat jum'at kami memohon dengan sangat untuk mengadakan sholat ghoib untuk almarhum," ujar Willy.

Pada Kamis, 2 Juni 2022 waktu setempat upaya pencarian Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril masih terus dilakukan di Sungai Aare, Swiss.

Baca Juga: Bikin Heboh Perkara Ramalan Anak Ridwan Kamil, Mbak Rara Disentil Gus Rofii hingga Sebut Soal Hal Ini

Pihak KBRI di Bern dalam pernyataannya, Kamis (2/6/2022) tetap menyatakan akan melanjutkan pencarian.

"Pencarian Sdr. Emmeril Kahn Mumtadz, atau Eril, di sungai Aare, kota Bern, pada Kamis 2 Juni 2022, dilanjutkan dengan mengerahkan patroli darat, patroli perahu, dan penerbangan drone.

Penyelam tidak dapat dikerahkan karena pertimbangan derasnya arus Sungai Aare hari ini.

Fokus pencarian hari ini adalah di area Marzili hingga pintu air Engehalde, serta patroli di area antara Schwellenmaetelli hingga Wohlensee.

Upaya pencarian intensif akan terus dilanjutkan besok Jumat (3/6) dengan tambahan dukungan anjing pelacak."

Menurut penuturan pihak keluarga, pencarian Eril di hari ketujuh ini akan dilakukan menggunakan drone bawah air.

Erwin Muniruzaman, kakak dari Ridwan Kamil, mengaku ditugaskan oleh mantan Wali Kota Bandung yang juga adiknya untuk melanjutkan pencarian Eril.

"Saya ditugaskan oleh Kang Emil untuk melanjutkan upaya dan ikhtiar untuk mencari keponakan kami ananda Eril," kata Erwin kepada KOMPAS TV di Swiss pada Kamis waktu setempat.

"Kita akan mulai mencari Eril menggunakan drone bawah air sore ini. Mudah mudahan apa yang kami lakukan mendapatkan hasilnya."

Baca Juga: 'Sangat Low Profile', Dosen ITB Ini Bongkar Keseharian Emmeril Kahn Mumtadz di Kampus, Akui Tak Tahu Kalau Eril Anak Ridwan Kamil

Erwin tak menjelaskan lebih lanjut mengenai titik-titik lokasi pencarian eril di sungai Aare. Namun demikian, titik lokasi pencarian sudah ditentukan.

"Adapun dari titik mananya kami baru semalam di sini. Tapi tadi sudah ditentukan beberapa titiknya. Kita akan langsung ke sana," ucap Erwin.

Sementara itu, istri Ridwan Kamil yang juga ibunda Eril, Atalia Praratya, memutuskan pulang ke Indonesia setelah beberapa lama berada di Swiss memantau pencarian anaknya.

Pulangnya Atalia ke Tanah Air diketahui setelah dia mengunggah pesan pamitan untuk sang putra tercinta melalui akun Instagram pribadinya.

Dalam unggahannya itu, tampak Atalia sedang duduk bersama Ridwan Kamil dan anak keduanya Camaillia Laetitia Azzahra sambil menatap Sungai Aare.

Melalui kolom keterangan, Atalia berpamitan kepada Eril.

"Ril... mamah pulang dulu ke Indonesia ya. Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah SWT, dimana pun kamu berada..." tulis Atalia di akun @ataliapr, Kamis.

"Insya Allah kamu tidak akan kedinginan, kelaparan atau kekurangan apapun. Bahkan kamu akan mendapatkan limpahan kasih sayang, karunia dan kebahagiaan yang tak pernah putus. Di sini, di Sungai Aare yang luar biasa indah dan cantik ini, mamah lepaskan kamu, untuk bisa bertemu lagi cepat atau lambat."

Emmeril Khan Mumtaz alias Eril dikabarkan hilang saat berenang di Sungai Aare, Swiss pada 26 Mei 2022 lalu. Hingga hari ketujuh pencarian, Eril belum juga ditemukan, dikutip dari KompasTV.

Baca Juga: Apakah Anak Ridwan Kamil Sudah Ditemukan Hari Ini? Mari Kita Simak Update Pencarian Eril di Hari ke-6 Ini

Cuti Ridwan Kamil Berakhir 4 Juni 2022

Sebelumnya, melansir dari Tribunnews.com, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hingga kini diketahui masih berada di Bern, Swiss, untuk mencari keberadaan putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) yang terseret arus saat berenang di Sungai Aare.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu diketahui menggunakan masa cutinya selama berada di Swiss.

Masa cuti orang nomor satu di Jawa Barat itu akan berakhir pada Sabtu (4/6/2022) besok.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengatakan hingga hari ini belum ada pengajuan perpanjangan cuti Ridwan Kamil, baik dari Pemerintah Provinsi Jabar maupun dari Kang Emil langsung.

"Hingga saat ini belum ada permintaan atau pengajuan perpanjangan cuti. Baik dari pak Gubernur maupun dari Pemprov Jabar," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan saat dikonfirmasi Tribunnews.com, Kamis (2/6/2022).

Dengan begitu kata Benni, yang bersangkutan dalam hal ini Ridwan Kamil harus kembali melaksanakan tugasnya sebagai Gubernur Jawa Barat saat masa cutinya selesai.

Terkecuali kata dia, keputusan itu akan dipertimbangkan, jika ada pengajuan perpanjangan cuti.

"Betul (sudah harus kembali bertugas), kecuali ada surat permintaan perpanjangan untuk dipertimbangkan lebih lanjut," tukas Benni.

Hingga saat ini upaya pencarian Emmerill Kahn Mumtadz yang hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022) pekan lalu itu belum membuahkan hasil.

Untuk memantau upaya pencarian anaknya itu Ridwan Kamil sempat mengajukan perpanjangan cuti selama sepekan.

"Pak Gubernur nambah cuti sepekan ke depan untuk berada di Swiss, sehingga beliau kalau ada di daerah kejadian menunggunya pun agak tenang, berbeda kalau Beliau pulang," ujar Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum pada peringatan Hari Lansia Nasional 2022 di Tasikmalaya, Jabar, Minggu (29/5/2022).

Uu berharap warga Jabar dapat memaklumi dan tidak mempermasalahkan perpanjangan cuti yang diajukan oleh Ridwan Kamil.

"Saya minta pengertian masyarakat, seandainya Pak Gubernur masih berada di luar negeri tidak dijadikan permasalahan seputar kinerja, karena di provinsi ada pejabat yang ada. Ada saya sebagai Plh. Toh saya komunikasi dengan Gubernur tidak ada kendala," ucapnya.

Dia mengatakan, Ridwan Kamil mengharapkan doa dari warga serta para pemuka agama untuk keselamatan Eril.

"Saya WhatsApp beliau kemarin. Beliau minta doa dari masyarakat Jabar, terutama para kiai dan santri,” ungkapnya.

Baca Juga: Bak Tak Etis Ungkap Terawangannya di Tengah Proses Pencarian Anak Sulung Ridwan Kamil, Mbak Rara Diperingatkan Sosok ini : Jangan Diumbar

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Tribunnews.com, GridFame.ID

Baca Lainnya