Kerugian Capai Puluhan Miliar, Uang Korban Investasi Bodong Indra Kenz dan Doni Salmanan Rupanya Masih Bisa Kembali dengan Cara ini

Sabtu, 12 Maret 2022 | 10:30
Kolase Mplus/Istimewa

Apa sih sebenarnya Quotex dan Binomo yang membuat Doni Salmanan dan Indra Kenz harus berurusan dengan polisi dan terancam penjara.

GridHype.id-Kasus investasi bodong yang menyeret nama Indra Kesuma alias Indra Kenz masih terus diselidiki.

Korban dari kasus penipuan berkedok trading binary option ini juga terus bertambah.

Kerugian dari investasi Binomo ini bahkan mencapai Rp25,6 miliar.

Sedikitnya sudah ada 14 korban yang melapor atas kasus investasi bodong ini.

Kini pihak polisi tengah mengejar afiliator Quotex, Doni Salmanan.

Dengan jumlah kerugian yang fantastis tersebut, lantas apakah uang para korban bisa kembali?

Dilansir dari Kompas.com, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto mengatakan, masih ada kemungkinan uang bisa kembali.

Namun dia menyarankan para korban untuk membentuk paguyuban.

Uang dikembalikan jika korban buat paguyuban

Baca Juga: Digadang-gadang Dijanjikan Uang Capai Miliaran Rupiah dari Indra Kenz, Benarkah Vanessa Khong Ikut Terseret Kasus Hukum dan Ditetapkan Tersangka?

Setelah membentuk paguyuban, para korban menunjuk kuasa hukum dan menginventarisir besaran investasi yang dilakukan di Binomo maupun di Quotex.

"Kepada para korban kami sarankan membentuk suatu paguyuban bersama, jadi jangan mengurus sendiri-sendiri. Kemudian ditunjuk siapa kuasa hukumnya, dan menginventarisir investasi-investasi yang mereka sudah lakukan," kata Agus Andrianto, Kamis (10/3/2022).

Setelah menginventarisir, para korban harus bersama-sama mengajukan permohonan ke pengadilan.

Tujuannya agar uang sitaan yang diamankan dari kantong Indra Kenz dan Doni Salmanan kembali ke korban, bukan menjadi sitaan negara.

"Kemudian nanti putusan pengadilan akan diberikan, akan diputuskan bahwa uang itu akan kemana, supaya tidak disita untuk negara. Jadi saya rasa mohon dibentuk paguyuban, diinventarisir aset-asetnya," beber dia.

Pandangan pakar hukum

Bisa kembalinya uang kepada para korban juga sempat disinggung oleh Pakar hukum pidana bidang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Yenti Garnasih.

Dia bilang, uang para korban kasus penipuan trading binary option seperti di aplikasi Binomo dan Qoutex bisa dikembalikan melalui pengusutan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Yenti juga berharap putusan pengadilan tidak keliru dan bisa benar-benar mengembalikan aset kepada pihak yang berhak atau korban.

Baca Juga: Kerap Hambur-hamburkan Uang, Doni Salmanan Ikuti Jejak Indra Kenz Tersandung Kasus Hukum Lantaran Pelanggaran UU ITE

“Harus bisa (dikembalikan). Harusnya begitu, tinggal nanti ini mampu tidak melacak (aset)nya makanya cepat-cepat,” kata Yenti saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/3/2022).

Sebelumnya, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri sedang menyidik beberapa kasus investasi bodong berkedok trading binary option seperti Binomo dan Qoutex.

Dalam penanganan kasus dugaan penipuan aplikasi Bonomo, polisi telah menetapkan influencer Indra Kesuma alias Indra Kenz sebagai tersangka pada 24 Februari 2022.

Baca juga: Apakah Uang Korban Indra Kenz dan Doni Salmanan Bisa Kembali? Ini Kata Kabareskrim

Indra Kenz kini terancam hukuman 20 tahun penjara atas dugaan tindak pidana judi online dan/atau penyebaran berita bohong melalui media elektronik dan/atau penipuan, perbuatan curang dan/atau tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Sedangkan terkait aplikasi Qoutex, polisi sudah menetapkan influencer Doni Muhammad Taufik alias Doni Salmanan sebagai tersangka pada 8 Maret 2022.

Doni dijerat Pasal 45 ayat 1 junto 28 ayat 1 UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Pasal 378 KUHP, Pasal 3 Ayat 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

Baca Juga: Indra Kenz Terancam Hukuman Penjara 20 Tahun, Nasib Sang Tunangan yang Biasa Diberi Uang Saku Rp 2 Miliar dan Tampil Gaya Hidup Hedon Jadi Sorotan

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : kompas

Baca Lainnya