Selama Ini Dibuang Percuma, Siapa Sangka Air Kelapa Tua Simpan Khasiat yang Tak Main-main, Jangan Kaget Jika Tubuh Alami Perubahan Luar Biasa

Kamis, 17 Februari 2022 | 13:15
Sajian Sedap

Manfaat air kelapa tua tak kalah dari air kelapa muda

GridHype.ID - Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan tentu sudah menjadi rahasia umum.

Memang, air kelapa muda yang menyegarkan paling ampuh untuk mengusir dahaga, terlebih saat cuaca panas.

Namun, air kelapa muda juga menyimpan sejumlah nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.

Melansir HelloSehat.com, sebagai minuman, kandungan utama air kelapa tersusun atas elektrolit, mineral, dan vitamin.

Dalam air kelapa juga terdapat gula, tetapi kandungan gula ini lebih sedikit dari minuman bersoda, minuman kemasan, atau jus buah.

Bukan hanya itu, ada juga kandungan karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak yang semakin melengkapi zat gizi di dalam air kelapa.

Berdasarkan data Data Komposisi Pangan Indonesia, air kelapa mengandung kalium tinggi. Bahkan lebih tinggi dibandingkan jika Anda memakan empat buah pisang.

Sementara itu, kandungan mineral lain dalam air kelapa yang terdiri dari kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng lebih baik dibandingkan dengan kandungan mineral dalam jeruk.

Selain yang disebutkan, nutrisi lain yang terdapat pada air kelapa adalah antioksidan dengan manfaat kesehatan yang besar.

Baca Juga: Gak Nyangka Bisa Jauh-jauh dari Obat, Maag Kronis yang Menyiksa Ternyata Bisa Sembuh Cuma Modal Air Kelapa yang Diminum Seperti Ini, Nyesel Baru Tahu

Pantas saja, air kelapa yang diminum secara rutin bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sayangnya, kebanyakan orang hanya memanfaatkan air dari kelapa muda. Sedangkan air kelapa tua dibuang begitu saja.

Padahal,Ahli kesehatan yang juga seorang pendakwah, dr Zaidul Akbar mengungkapkan bahwa ternyata manfaat minum air kelapa tua memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh.

Mengutip Serambinews.com, manfaat minum air kelapa tua disampaikan dr Zaidul Akbar melalui kanal YouTube miliknya pada Sabtu (18/12/2021).

Menurut dr Zaidul Akbar, air kelapa tua mengandung elektrolit yang sangat baik untuk kesehatan.

Selain itu, air kelapa tua merupakan minuman yang dapat menghidrasi tubuh lebih baik bahkan dari minuman isotonik manapun.

"Air ini mengandung mineral elektrolit yang the best buat tubuh kita," ucap dr Zaidul Akbar.

"Kalau Anda mau hidrasi, menghidrasi itu maksudnya membuat tubuh kita terisi cairan itu dengan baik, bahkan jauh lebih baik dari minuman isotonik manapun, itu adalah air kelapa tua," lanjutnya.

Bahkan, apabila air kelapa tua dikonsumsi rutin setiap hari, akan lebih banyak memberikan khasiat untuk mendukung kesehatan tubuh.

Baca Juga: Tak Main-main, Inilah Khasiat Air Kelapa Muda yang Tak Boleh Disepelekan

Beberapa khasiat yang ditawarkan minum air kelapa tua adalah dapat membersihkan pembuluh darah.

Kemudian menguatkan tulang dan bagus untuk otak, terutama mendukung daya ingat seseorang.

"Itu kalau Anda minum setiap hari, pembuluh darah akan bersih, tulang-tulang Anda akan kuat, otak Anda akan strong dengan air kelapa itu," tuturnya.

Oleh karena itu, Anda jangan lagi membuang air kelapa tua. Justru hanya dengan modal yang lebih murah, Anda sudah dapat memperoleh air kelapa tua ini dibandingkan harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli air kelapa muda.

"Air kelapa tua kan biasanya dibuang, wallahi itu air jauh lebih baik dari pada air isotonik manapun, sesederhana itu Subahanallah. Dengan modal seribu daripada beli air kelapa muda. Malah dibuang air kelapa tua, mudah kan?," imbuhnya.

Terakhir, dr Zaidul Akbar yang juga sebagai penggagas kampanye Jurus Sehat Rasulullah (JIS) ini juga membantah soal mitos yang mengatakan jika terlalu banyak mengonsumsi kelapa dapat menyebabkan munculnya cacing kremi pada anus.

Disebutnya, mitos tersebut tidak benar adanya dan tidak terbukti secara ilmiah.

"Fitnah terhadap kelapa, nggak ada ceritanya kremi-kremi, nggak tau rumor dari mana itu," pungkas dr Zaidul Akbar yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Baca Juga: Rebusan Air Kelapa Memang Bermanfaat, Tapi Jangan Sampai Kecolongan, Orang-orang dengan Kondisi ini Ternyata Dilarang Keras Meminumnya

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Hellosehat.com, Serambinews.com

Baca Lainnya