BLT Subsidi Gaji Rp 1 Juta Segera Masuk Rekening Penerima, Pekerja Bergaji UMK Tetap Dapat Bantuan Asal Memenuhi Syarat Ini

Kamis, 05 Agustus 2021 | 13:30
Kompas.com

BLT Subsidi Gaji

GridHype.ID - Tak hanya Keluarga Penerima Manfaat (KPM), pemerintah juga mengucurkan dana bantuan untuk para pekerja melalui program BLT Subsidi Gaji.

Diketahui, BLT Subsidi Gaji ini akan disalurkan kepada para pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

Melansir Kompas.com, Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo mengatakan, tahun iniBLT Subsidi Gajimenyasar 8,7 juta pekerja yang terdampak pandemi Covid-19.

Anggoro mengatakan, besaranBLT Subsidi Gajitahun 2021 adalah sebesar Rp 500 ribu untuk dua bulan, yang nantinya akan dicairkan sekaligus atau total Rp 1 juta.

Sementara mengutip Tribunnews.com, pemerintah akan mencairkan BLT Subsidi Gaji alias Bantuan Subsidi Upah (BSU) pada awal bulan Agustus 2021.

Pencairan BSU tersebut disampaikan oleh Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi, Kamis (29/7/2021).

"Insyaallah (penyaluran BSU dilakukan awal Agustus 2021)," kata Anwar.

Pencairan BSU ini disalurkan ke rekening masing-masing penerima melalui Bank HIMBARA.

Baca Juga: Akses Laman Resmi Ini untuk Cek Penerima Bansos Agustus 2021, Berikut Cara Mencairkan Bantuannya di Kantor Pos

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan ada sedikit perubahan terkait pekerja penerima bantuan.

Informasi ini disampaikan Menaker saat menerima 1 juta data tahap pertama calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan pada Jumat (30/7/2021) di kantor Kemenaker.

Sebelumnya diberitakan, penerima bantuan hanya pekerja di wilayah tertentu dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta.

Menaker memberi penjelasan, pekerja dengan gaji di atas Rp 3,5 juta, maka persyaratan gaji menjadi paling banyak sebesar UMP/UMK tersebut.

Adapun sejumlah kota di Jawa seperti Kabupaten Karawang, DKI Jakarta, Kota Bandung, Kota Tangerang, Kota Serang, dan Kota Surabaya memiliki besaran UMK di atas Rp 3,5 juta.

Pekerja yang bergaji di atas Rp 3,5 juta tersebut bisa mendapatkan BSU sepanjang gajinya tidak melebihi atau di atas UMPnya.

"Dengan ketentuan pekerja/buruh yang bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari 3,5 juta, maka persyaratan gaji/upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum provinsi (UMP) atau kabupaten/ kota dibulatkan ke atas hingga ratusan ribu rupiah penuh," kata Menaker, Jumat (30/7/2021).

Baca Juga: Sudah Reservasi Antrean BLT UMKM Secara Online, Jangan Lupa Bawa Dokumen Penting Ini Saat Mencairkan Bantuan Rp1,2 Juta di BRI

Syarat Penerima Subsidi Gaji yang Baru

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan NIK.

2. Calon penerima BSU terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan yang masih aktif dan dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan sampai dengan bulan Juni 2021.

3. Memiliki gaji/upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta.

4. Calon penerima BSU adalah pekerja/buruh yang bekerja di wilayah PPKM level 4 dan 3 yang ditetapkan oleh pemerintah.

5. Penerima BSU akan diutamakan diberikan kepada pekerja yang bekerja di sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industry property dan real estate, perdagangan dan jasa, dan dikecualikan pada pekerja di sektor pendidikan dan Kesehatan.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang, Pemerintah Siapkan Bansos Rp1,2 Juta untuk Warteg Hingga PKL, Begini Cara Mendapatkan Bantuannya

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com

Baca Lainnya